Pengembangan sumber belajar berbasis video pada mata pelajaran komposisi foto digital untuk siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 5 Malang / Achmad Rizki Zakaria
Main Author: | Zakaria, Achmad Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46584/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANZakariaAchmadRizki.2018.PengembanganSumberBelajarBerbasisVideoPadaMataPelajaranKomposisiFotoDigitaluntukSiswaKelasXISMKProgramKeahlianMultimediaSMKNegeri5Malang.Skripsi.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKuncipengembangansumberbelajarmediapembelajaranvideokomposisifotodigitalmultimediakurikulum2013Pengembanganmerupakanlangkah-langkahpenelitianyangdigunakanuntukmembuatprodukbarumengembangkanataumenyempurnakanprodukyangsudahadadanmengujikelayakanataukeefektifanproduksehinggadapatdipertanggungjawabkan.Mediapembelajaranmerupakanbahanajaryangdisusunberdasarkankurikulumtertentudandirancanguntukmembantusiswaagarmudahmemahamimateriyangakandisampaikanolehguru.PelaksanaanpembelajarandiSMKNegeri5MalangmenggunakanKurikulum2013.MatapelajaranKomposisiFotoDigitalmerupakanmatapelajaranproduktifyangprosespenyampaianmateriolehgurumasihmenggunakancaratradisionalyaknimenjelaskanlangsungkepadasiswadanmenggunakanslidepresentasisetelahpenyampaianmaterisiswamelaksanakanpraktikumdandiperkenankanmencarisendirireferensisumberbelajaruntukmengerjakantugaspraktikumbaikmencarimelaluibukuyangtelahtersediadiperpustakaanmaupuninternet.Penelitiandanpengembanganinibertujuanmengembangkanbahanajar(mediapembelajaran)membuatvideopembelajaransebagaisalahsatualternatifsumberbelajaryangbisadigunakansiswadalammenyelesaikantugaspraktikumbukansebagaipenggantigurudalampenyampaianmateri.TujuanpengembanganinihanyasebatasmengujikelayakanmediapembelajaranpadamatapelajaranKomposisiFotoDigitaluntuksiswakelasXImultimediatanpamengetahuiefektifitasdaripenggunaanmediapembelajaran.Berdasarkananalisisdatavalidasimateriyangdilakukanolehahlimateridiperolehhasilrata-ratapersentasesebesar913%.Berdasarkanahlimediadiperolehhasilrata-ratapersentasesebesar8333%.Berdasarkanujicobakelompokkecildiperolehhasilrata-ratapersentasesebesar90%.Berdasarkanujicobakelompokbesardiperolehhasilrata-ratapersentasesebesar9092%denganinterpretasikelayakansangatvaliddaribatasminimalpersentasevaliditas7501%.SehinggadarianalisisdatadapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranberbasisvideoKomposisiFotoDigitalprogramkeahlianmultimediavaliddanlayakdigunakansebagaisumberbelajaruntukmendukungproseskegiatanbelajarmengajardiSMKNegeri5Malang.