Perbedaan keaktifan dan hasil belajar simulasi digital karena pengaruh penerapan model problem solving berbantuan modul pembelajaran dibandingkan problem solving berbantuan video edukasi pada siswa kelas 10 TKJ SMKN 7 Malang / Hamzah Mega Ariananda
Main Author: | Ariananda, Hamzah Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46583/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKArianandaHamzahMega.2019.PerbedaanKeaktifandanHasilBelajarSimulasiDigitalKarenaPengaruhPenerapanModelProblemSolvingBerbantuanModulPembelajarandibandingkanProblemSolvingBerbantuanVideoEdukasipadaSiswaKelas10TKJSMKN7Malang.Skripsi.JurusanTeknikElektroProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pemibimbing(I)Drs.WahyuSaktiG.I.M.Kom.(II)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.KataKunciHasilBelajarKeaktifanModulPembelajaranProblemSolvingVideoEdukasiSalahsatucarauntukmeningkatkankualitasmutupendidikanadalahdengancaraperbaikanprosespembelajaran.Selainmodelpembelajaranyangsesuaidenganmatapelajaransimulasidigitalmediapembelajaranjugaikutandildalammeningkatkankeaktifandanjugahasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajardankeaktifansiswamenggunakanmodelpembelajaranproblemsolvingdenganberbantuanmodulpembelajarandibandingkanproblemsolvingberbantuanvideoedukasipadamatapelajaransimulasidigital.PenelitianinidirancangdalambentukpenelitiansemuataubiasadikenaldenganQuasiEksperimentalDesain.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpretestposttestcontrolgroupdesigndenganmelibatkanduakelaseksperimen.Dalampenelitianinipendekatanyangdigunakanuntukmenganalisisdataadalahpendekatankuantitatifkarenapenelitianinimenggunakandataberupaangkayaknihasilbelajaryangmeliputipretestposttestketerampilandanobservasikeaktifan.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahuji-tHasilpenelitianinimenjukanbahwaterdapatperbedaankeaktifandanhasilbelajaryangsignifikanantaramodelpembelajaranproblemsolvingberbantuanmodulpembelajarandenganmodelpembelajaranproblemsolvingberbantuanvideoedukasi.Dilihatdariuji-tpadaranahkeaktifannilaidarisig.(2-tailed)0021yangartinya0021005.Begitupundenganhasilbelajarranahkognitifnilaisig.(2-tailed)0001.Artinya0001005.Jugadenganhasilbelajarranahpsikomotoriknilaisig.(2-tailed)0003.Artinya0003005.Karenasemuanilaiuji-tkurangdari005makadapatdisebutterdapatperbedaansignifikandiantaraduavariabletersebut.KesimpulandaripenelitianiniadalahterdapatperbedaankeaktifanhasilbelajarpengetahuandanhasilbelajarketerampilanyangsignifikanantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajaranProblemSolvingberbantuanmodulpembelajarandanProblemSolvingberbantuanvideoedukasi.