Pengembangan media interaktif pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dengan model pembelajaran probing prompting di Teknik Komputer dan Jaringan / Rizky Amalia Syahfitri

Main Author: Syahfitri, Rizky Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/46573/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSyahfitriRizkyAmalia.2018.PengembanganMediaInteraktifpadaMataPelajaranSimulasidanKomunikasiDigitaldenganModelPembelajaranProbingPromptingdiTeknikKomputerdanJaringan.Skripsi.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(2)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.KataKunciMediaPembelajaranSimulasidanKomunikasiDigitalProbingPromptingPembelajarandanmediaeratkaitannyakarenadenganadanyamediapembelajarandapatterlaksanadenganbaik.Namunapabilamediapembelajaranyangdigunakanmonotonmakasiswamerasajenuh.BukuBSEyangditerbitkanolehSEAMOLECLKSdanpowerpointmerupakanpanduangurudalampenyampaianmateripadamatapelajaransimulasidigitalnamunhaltersebutkurangmenarikminatsiswadalambelajar.Modelpembelajaranyangditerapkanjugaberpengaruhdalamprosesbelajarmengajarmodelpembelajaranyangtepatdapatmeningkatkankeinginansiswadalambelajar.Sehinggadibutuhkanmediapembelajaranyangberintegrasimodelpengembanganyangtepatdalammeningkatkansemangatbelajarsiswa.MetodepengembanganyangdigunakandalammengembangkanmediapembelajaraniniadalahmodelADDIE.ModelADDIEmemilitahapanantaralain(1)Analysis(2)Design(3)Development(4)Implementationdan(5)Evaluation.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXITeknikKomputerdanJaringan.Teknikpengumpulandatamenggunakanangket.Pengujiankelayakandilakukandenganujireviewdariahlimediadanahlimateriujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar.PengembanganinimenghasilkansebuahmediapembelajarandenganmodelpembelajaranprobingpromptingmatapelajaranSimulasidanKomunikasiJaringanyangberekstensi.exe.Berdasarkananalisisdatadiperolehdariujireviewahlimaterimendapatrata-ratapersentase955%ahlimedia938%ujicobakelompokkecil924%danujicobakelompokbesar864%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediadapatdigunakansebagaimediapembelajaranmandirimaupunsebagaimediatambahanpembelajarandikelasdandiluarkelas.