Pengembangan media interaktif pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dengan model pembelajaran probing prompting di Teknik Komputer dan Jaringan / Rizky Amalia Syahfitri
Main Author: | Syahfitri, Rizky Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46573/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSyahfitriRizkyAmalia.2018.PengembanganMediaInteraktifpadaMataPelajaranSimulasidanKomunikasiDigitaldenganModelPembelajaranProbingPromptingdiTeknikKomputerdanJaringan.Skripsi.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(2)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.KataKunciMediaPembelajaranSimulasidanKomunikasiDigitalProbingPromptingPembelajarandanmediaeratkaitannyakarenadenganadanyamediapembelajarandapatterlaksanadenganbaik.Namunapabilamediapembelajaranyangdigunakanmonotonmakasiswamerasajenuh.BukuBSEyangditerbitkanolehSEAMOLECLKSdanpowerpointmerupakanpanduangurudalampenyampaianmateripadamatapelajaransimulasidigitalnamunhaltersebutkurangmenarikminatsiswadalambelajar.Modelpembelajaranyangditerapkanjugaberpengaruhdalamprosesbelajarmengajarmodelpembelajaranyangtepatdapatmeningkatkankeinginansiswadalambelajar.Sehinggadibutuhkanmediapembelajaranyangberintegrasimodelpengembanganyangtepatdalammeningkatkansemangatbelajarsiswa.MetodepengembanganyangdigunakandalammengembangkanmediapembelajaraniniadalahmodelADDIE.ModelADDIEmemilitahapanantaralain(1)Analysis(2)Design(3)Development(4)Implementationdan(5)Evaluation.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXITeknikKomputerdanJaringan.Teknikpengumpulandatamenggunakanangket.Pengujiankelayakandilakukandenganujireviewdariahlimediadanahlimateriujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar.PengembanganinimenghasilkansebuahmediapembelajarandenganmodelpembelajaranprobingpromptingmatapelajaranSimulasidanKomunikasiJaringanyangberekstensi.exe.Berdasarkananalisisdatadiperolehdariujireviewahlimaterimendapatrata-ratapersentase955%ahlimedia938%ujicobakelompokkecil924%danujicobakelompokbesar864%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediadapatdigunakansebagaimediapembelajaranmandirimaupunsebagaimediatambahanpembelajarandikelasdandiluarkelas.