Pengembangan media pembelajaran berbantuan video berbasis augmented reality pada mata pelajaran teknik animasi 3D kompetensi keahlian multimedia kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan / M. Fuqaha Nalendra Setya
Main Author: | Setya, M. Fuqaha Nalendra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46572/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANFuqahaNalendra2018PengembanganMediaPembelajaranBerbantuanVideoberbasisAugmentedRealitypadaMataPelajaranTeknikAnimasi3DKompetensiKeahlianMultimediaKelasXISekolahMenengahKejuruan.SkripsiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKuncimediapembelajaranvideoaugmentedrealitysadimananimasi3dMataPelajaranTeknikAnimasi3Dmerupakansalahsatumatapelajaranyangdipelajaripadaprogramkeahlianmultimedia.MatapelajaraninidiajarkanpadakelasXIdanmemilikibobot8jamstudi(JS)yangdibagimenjadi2semester.NamunpadapenerapannyamatapelajaraninihanyadiajarkandalamsatusemestersajakarenaterdapatkegiatanPraktikIndustri(PI)yangharusdilakukanolehsiswaselamasatusemester.Berdasarkanhasilobservasiterhadapgurumatapelajaranteknikanimasi3dimensihaltersebutmembuatmateriyangdiserapolehsiswamenjadiberkurangkarenaketerbatasanwaktudanmateriyangdiajarkanjugacukupbanyak.Kondisipembelajaranyangsepertiinimembuatpenelitiberencanauntukmengembangkansebuahmediapembelajaranyangsesuaidenganbahanajardancepatdiserapolehsiswadalamwaktusingkat.Penelitianinibertujuanuntuk(1)merancangmediapembelajaranberbantuanvideoberbasisaugmentedrealitypadamatapelajaranteknikanimasi3Dyangdigunakanuntuksuplemenbelajarsiswasesuaidenganstandarkompetensidankompetensidasarpadakurikulum2013(2)mengujikelayakanmediapembelajaranpadamatapelajaranteknikanimasi3D.PerancanganprodukinimenggunakanmodelpengembangandariSadiman(2012).Modelpengembanganinidipilihkarenamodelinibersifatproseduraldenganmemilikilangkah-langkahyangjelasdetaildanmemudahkanpengembangdalammenghasilkanproduk.ProsedurpengembanganSadimanmemiliki8tahapanyaitusebagaiberikut(1)identifikasikebutuhan(2)perumusantujuaninstruksional(3)perumusanbutir-butirmateri(4)perumusanalatpengukurkeberhasilan(5)perumusannaskahmedia(6)tesatauujicoba(7)revisiprodukberdasarkanhasilujicobadan(8)produksimasal.Hasilpengembanganmediainitelahdivalidasiolehahlimediadenganhasil9135%dandinyatakansangatvalid.Ahlimateridenganhasilpenilaian8800%dandinyatakansangatvalid.Kemudianmediadiujicobakanpadasiswadanmemperolehhasilsebagaiberikut(1)ujicobaperorangandenganmelibatkanduaorangsiswamemperolehhasil8438%dandinyatakancukupvalid(2)ujicobaskalakecildenganmelibatkandelapanorangsiswamemperolehhasil8560%dandinyatakansangatvalid(3)ujicobaskalabesardenganmelibatkan36siswamemperolehhasil8819dandinyatakansangatvalid.Dengandemikianmediapembelajaranberbantuanvideoberbasisaugmentedrealitypadamodulpembelajarananimasi3DuntuksiswakelasXIinilayakdigunakandalamprosespembelajaran.