Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran teknik animasi 3 dimensi bermuatan creative problem solving pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 2 Singosari / Siti Nur Hasanah

Main Author: Hasanah, Siti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46518/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKHasanahSitiNur.2018.PengembanganBahanAjarDigitalMataPelajaranTeknikAnimasi3DimensiBermuatanCreativeProblemSolvingbagiSiswaKelasXIMultimediadiSMKNegeri2Singosari.ProposalSkripsiJurusanTeknikElektroProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WahyuSaktiG.IM.Kom.(2)TriyannaWidiyaningtyasS.T.M.T.KataKuncibahanajardigitalaplikasidesktopteknikanimasi3dcreativeproblemsolvingBerdasarkanobservasiawaldiSMKNergeri2SingosariterutamapadamatapelajaranTeknikAnimasi3Dimensibelumadanyabahanajaryangmenunjangpembelajaran.Selainitudalampembelajarandidalamkelasmasihmenggunakanmetodeceramahdandirectinstruction.Karenakurangnyasumberbahanajarsebagaipeganganuntuksiswabelajarsecaramandiridiluarkelassehinggaperangurudalampenyampaianmaterimenentukanpemahamansiswa.BerdasarkanpermasalahantersebutpenelitibermaksudmengembangkanbahanajardigitalTeknikAnimasi3DimensibermuatanCreativeProblemSolvingyangdiharapkandapatmembantudalammengembangkankreatifitasdanmenunjangpembelajaranmandiribagisiswakelasXIMultimedia.MetodepengembanganyangdigunakanadalahADDIEdenganlimatahapyaituAnalyze(analisis)Design(desain)Development(pengembangan)Implementation(implementasi)danEvaluation(evaluasi).Ujicobayangdilakukanterdiridaritigastahapyaitu(1)ujicobaperseoranganyangmeliputivalidasiahlimaterivalidasiahlimediadanujicobaperseorangankepadapengguna(2)ujicobakelompokkecil(3)ujicobalapangan.Teknikpengujianyangdigunakanmenggunakanangketkepadaahlimateriahlimediadanpengguna.Hasilvalidasiahlimaterimemperolehskorrata-rata8854%danhasilvalidasiahlimediamemperolehskorrata-rata9107%.Sedangkanujicobasatulawansatudiperolehskorrata-rata8904%untukujicobakelompokkecildiperolehskorrata-rata8816%danujilapangandiperolehskor8742%.BerdasarkanhasilvalidasidanujicobamakabahanajardigitalTeknikAnimasi3Dimensidenganprodukyangdibuatsudahdiujikandanmemilikikriteriasangatvalidsertadapatdigunakantanparevisi.