Perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe expert group dibandingkan think pair share berbantuan modul pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malang / Salwatul 'Aisy
Main Author: | 'Aisy, Salwatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46516/ |
Daftar Isi:
- iiABSTRAKAisySalwatul.2018.PerbedaanKeaktifanDanHasilBelajarSiswaPadaPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeExpertGroupDibandingkanThinkPairShareBerbantuanModulPembelajaranPadaMataPelajaranKomputerDanJaringanDasarKelasXTKJDiSMKNegeri7Malang.Skripsi.JurusanTeknikElektroProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)M.ZainalArifinS.Si.M.Kom.KataKunciExpertGroupThinkPairShareKeaktifanHasilBelajar.Dalamduniapendidikankeberadaanperandanfungsigurumerupakansalahsatufaktoryangsangatsignifikan.Guruperlumemahamihal-halyangmempengaruhiprosesbelajarsiswasalahsatuyangdapatmempengaruhikeberhasilanbelajarsiswaadalahfaktorkeaktifanbelajarsiswapemilihanmodelpembelajarandanperangkatpembelajaranyangakandigunakan.Keaktifansiswasangatdiperlukandalamkegiatanbelajarmengajarsehinggasiswaharuslebihaktifkarenasiswasebagaisubjekdidikyangmerencanakandaniasendiriyangmelaksanakanbelajar.Namunkenyataannyasiswamasihcenderungpasifdanpembelajaranhanyaberpusatpadaguru.Upayapengelolaankeaktifandanhasilbelajardapatdilakukandenganmenerapkansuatumodelpembelajarandalamprosespembelajaran.Modelpembelajaranexpertgroupdanthinkpairshare(TPS)dapatdigunakansebagaialternatifmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankeaktifandanhasilbelajarsiswaranahpengetahuansikapdanketerampilanpadakelasyangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranexpertgroupdanthinkpairshare(TPS)padamatapelajarankomputerdanjaringandasarkompetensimenerapkanpengalamatanIP.Penelitianinimenggunakanmetodequasieksperimentaldenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.Desainpenelitianinimenggunakanduakelaskelaseksperimenditerapkanmodelpembelajaranexpertgroupdankelaskontrolditerapkanmodelpembelajaranthinkpairshare(TPS)Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahuji-tdanujianovaduajalur.Hasilpenelitiandilihatdariuji-tmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarranahpengetahuan(sig.0011