Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) kelas X TKJ SMKA Al-Lathifi Sukosari Gondanglegi Kabupaten Malang / Siti Nur Kholifatur Ridho

Main Author: Ridho, Siti Nur Kholifatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46512/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANRidhoSitiNurKholifatur.2018.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTipeJigsawuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi(KKPI)KelasXTKJSMKAl-LathifiSukosariGondanglegi.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)TriyannaWidiyaningtyasS.T.M.T.KataKunciModelPembelajaranJigsawHasilBelajarKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasiKKPIBerdasarkanhasilobservasidikelasXSMKAlLathifiSukosariGondanglegipadamatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasisiswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.SelainituhasilbelajarsiswakelasXrata-ratamasihdibawahKKM.Siswakurangsemangatketikabelajardidalamkelaskarenamodelbelajaryangsamayaituceramahdangurumenjadisatu-satunyasumberbelajardikelassehinggasiswamenjadibosandankurangtertarikuntukmengikutipelajarandanberdampakpadahasilbelajarsiswayangrendah.Halinidibuktikandengannilaipre-testyangdiberikanpadamatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasidenganhasil16siswa(5714%)belumtuntassedangkansiswayangtuntasadalah12siswa(4286%)daritotalkeseluruhan28siswadenganKKMuntukmatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasiadalah75.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandengantigasiklus.Datayangdiperolehmerupakanhasildaritestulislembarobservasiaktivitassiswadanlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranolehgurudanolehsiswa.Datatersebutdibahasdanselanjutnyadianalisisyangkemudiandapatdibuatsuatukesimpulan.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasviXSMKAlLathifiSukosariGondanglegi.Persentaseketuntasanhasilbelajarsiswasiklus1adalah4615%siklus2sebesar6667%siklus3sebesar8846%.Peningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus1kesiklus2sebesar2052%peningkatansebesar2179%darisiklus2kesiklus3untukpeningkatanhasilbelajarsiswa.BerdasarkandarihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXSMKAlLathifiSukosariGondanglegipadamatapelajaranKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi(KKPI).