Perbedaan kemandirian dan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model pembelajaran quick on the draw dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan modul pada siswa kelas XI di SMKN 12 Malang / Rifqi Ni'matul Maula
Main Author: | Maula, Rifqi Ni'matul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46508/ |
Daftar Isi:
- iiiABSTRAKMaulaRifqiNimatul.2018.PerbedaanKemandiriandanHasilBelajarPemrogramanDasarkarenaPenerapanModelPembelajaranQuickOnTheDrawDibandingkandenganPenerapanModelPembelajaranDiscoveryLearningBerbantuanModulpadaSiswaKelasXIdiSMKN12Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKunciKemandirianBelajarHasilBelajarModelPembelajaranQuickOnTheDrawDiscoveryLearningPemrogramanDasar.PembelajarandisekolahpadaawalnyamenggunakanmodelDiscoveryLearning.Haltersebutdianggapsebagaipenyebabsiswakurangmandiridanhasilbelajarkurangmaksimaldalampembelajaransehinggadiperlukanalternatiflainuntukmenumbuhkanhaltersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemandirianhasilbelajarranahpengetahuandanranahketerampilanpemrogramandasarantaramodelpembelajaranQuickOnTheDrawDibandingkandenganDiscoveryLearningBerbantuanModulPadaSiswaKelasXIdiSMKN12Malang.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimendengandesainpretest-posttestcontrolgroup.VariabelyangdigunakanadalahvariabelbebasyangberupaduamodelpembelajaranyakniQuickOnTheDrawdiberikanpadakelaseksperimendanDiscoveryLearningpadakelaskontrolsertavariabelterikatberupakemandiriandanhasilbelajarsiswaranahpengetahuansertaranahketerampilan.PopulasidalampenelitianiniadalahkelasXIRPLsebagaikelaskontroldanMMsebagaikelaseksperimendiSMKN12Malang.Rata-ratakemandirianbelajarsiswasetelahdiberikanperlakuanyaknikelasXIRPLsebesar844dankelasMMsebesar793.Rata-ratahasilbelajarranahpengetahuansetelahdiberikanperlakukanyaknikelasRPLsebesar839dankelasMMsebesar779.Sertarata-ratahasilbelajarranahketerampilansetelahdiberikanperlakuanyaknikelasRPLsebesar843dankelasMM801.HasilUji-tmenunjukkanbahwakemandirianbelajardenganlembarobservasidanangketmemperolehnilai0.000hasilbelajarranahpengetahuanmemperolehnilai0.000danranahketerampilanmemperolehnilai0.006.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanrata-ratayangdiperolehkelaseksperimenlebihungguldibandingkandengankelaskontroldalamkemandiriandanhasilbelajarsertaberdasarkanUji-tyangdiperolehterdapatperbedaankemandiriandanhasilbelajarantarakelaseksperimendankontrol.