Perbedaan kemandirian dan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model pembelajaran quick on the draw dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan modul pada siswa kelas XI di SMKN 12 Malang / Rifqi Ni'matul Maula

Main Author: Maula, Rifqi Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46508/
Daftar Isi:
  • iiiABSTRAKMaulaRifqiNimatul.2018.PerbedaanKemandiriandanHasilBelajarPemrogramanDasarkarenaPenerapanModelPembelajaranQuickOnTheDrawDibandingkandenganPenerapanModelPembelajaranDiscoveryLearningBerbantuanModulpadaSiswaKelasXIdiSMKN12Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKunciKemandirianBelajarHasilBelajarModelPembelajaranQuickOnTheDrawDiscoveryLearningPemrogramanDasar.PembelajarandisekolahpadaawalnyamenggunakanmodelDiscoveryLearning.Haltersebutdianggapsebagaipenyebabsiswakurangmandiridanhasilbelajarkurangmaksimaldalampembelajaransehinggadiperlukanalternatiflainuntukmenumbuhkanhaltersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemandirianhasilbelajarranahpengetahuandanranahketerampilanpemrogramandasarantaramodelpembelajaranQuickOnTheDrawDibandingkandenganDiscoveryLearningBerbantuanModulPadaSiswaKelasXIdiSMKN12Malang.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimendengandesainpretest-posttestcontrolgroup.VariabelyangdigunakanadalahvariabelbebasyangberupaduamodelpembelajaranyakniQuickOnTheDrawdiberikanpadakelaseksperimendanDiscoveryLearningpadakelaskontrolsertavariabelterikatberupakemandiriandanhasilbelajarsiswaranahpengetahuansertaranahketerampilan.PopulasidalampenelitianiniadalahkelasXIRPLsebagaikelaskontroldanMMsebagaikelaseksperimendiSMKN12Malang.Rata-ratakemandirianbelajarsiswasetelahdiberikanperlakuanyaknikelasXIRPLsebesar844dankelasMMsebesar793.Rata-ratahasilbelajarranahpengetahuansetelahdiberikanperlakukanyaknikelasRPLsebesar839dankelasMMsebesar779.Sertarata-ratahasilbelajarranahketerampilansetelahdiberikanperlakuanyaknikelasRPLsebesar843dankelasMM801.HasilUji-tmenunjukkanbahwakemandirianbelajardenganlembarobservasidanangketmemperolehnilai0.000hasilbelajarranahpengetahuanmemperolehnilai0.000danranahketerampilanmemperolehnilai0.006.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanrata-ratayangdiperolehkelaseksperimenlebihungguldibandingkandengankelaskontroldalamkemandiriandanhasilbelajarsertaberdasarkanUji-tyangdiperolehterdapatperbedaankemandiriandanhasilbelajarantarakelaseksperimendankontrol.