Pengembangan bahan ajar digital komposisi foto digital bermuatan Creative Problem Solving (CPS) untuk menumbuhkan keaktifan siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negri 5 Malang / Ana Putri Anggraeni

Main Author: Anggraeni, Ana Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46498/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnggraeniAnaPutri.2018.PengembanganBahanAjarDigitalKomposisiFotoDigitalBermutanCreativeProblemSolving(CPS)untukMenumbuhkanKeaktifanSiswaKelasXIProgramKeahlianMultimediadiSMKNegeri5Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Ir.SyaadPatmantharaM.Pd.(2)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKunciCPSBahanAjarKomposisiFotoDigitalMatapelajaranKomposisiFotoDigitaladalahdasaruntukpembelajaranpengolahangambardiamdangambarbergerak.Sehinggaapabilakompetensiinitidakdikuasaiakanmenyulitkansiswauntukmemahamimatapelajaranlaindanberhubungandenganpembelajaranpengolahangambar.Olehkarenaitusiswadituntutuntukaktifdalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangtelahdilakukandiSMKNegeri5MalangfaktorpenyebabrendahnyakeaktifansiswakelasXIpadamatapelajaranKomposisiFotoDigitalantaralaintingkatpemahamansiswametodedanmediapembelajaranyangdigunakansertatidakadanyasumberbelajarbagisiswa.Berdasarkanpermasalahantersebutdiperlukansebuahbahanajardigitalyangdapatmenarikperhatiansiswadandiharapkanmampumenumbuhkankeaktifansiswa.Tujuandaripenelitiandanpengembanganmerancangdanmengujivaliditasdarikontenmaupunmediasertamengujikelayakanbahanajardigitaldenganmelakukanujicobakelompoksekaligusmengamatikeaktifansiswadalammenggunakanbahanajardigital.ModelpenelitianyangdigunakanadalahmodelADDIEyangterdiridari5tahapanyaitu(1)analysis(2)design(3)development(4)implementationdan(5)evaluation.Teknikpengumpulandatamenggunakanangketdanlembarobservasi.Validasiahlidilakukanolehahlimateridanahlimedia.Ujicobakelompokdilakukandalam2bentukkelompokyaituujicobakelompokkecilsebanyak10siswadanujicobakelompokbesarsebanyak33siswa.Berdasarkanhasilvalidasiahlidiperolehpersentasevaliditasmenurutahlimaterisebesar8326%danpersentasevaliditasmenurutahlimediasebesar8729%.Sedangkanuntukujicobakelompokdiperolehpersentasehasilujicobakelompokkecilsebesar7482%danujicobakelompokbesarsebesar8634%.Berdasarkanhasiltersebutmakasecarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwaprodukbahanajardigitalkomposisifotodigitalinisangatvalidlayakdigunakansertabahanajardigitalmampumenumbuhkankeaktifansiswa.