Perbedaan kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar dengan penerapan model flipped classroom berbantuan video pembelajaran dibandingkan dengan model flipped classroom berbantuan animasi interaktif pada siswa kelas X TKJ di SMKN 3 Kota Batu / Kelent Daviane Wahono
Main Author: | Wahono, Kelent Daviane |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46496/ |
Daftar Isi:
- viABSTRAKWahonoKelentDaviane.2018.PerbedaanKemandiriandanHasilBelajarMataPelajaranJaringanDasarKarenaPengaruhPenerapanModelFlippedClassroomBerbantuanVideoPembelajaranDibandingkanDenganModelFlippedClassroomBerbantuanAnimasiInteraktifPadaSiswaKelasXTKJSMKN3KotaBatu.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihatnoS.S.T.M.Pd(II)Drs.HariPutrantoM.PdKataKunciKemandirianHasilBelajarFlippedClassroomVideoPembelajaranAnimasiInteraktifdanJaringanDasarPermasalahandalampenelitianiniadalahmetodepembelajaranyangdigunakangurusangatkonvensionalsehinggakemandiriandanhasilbelajarsiswakurang.Halinidapatdilihatpadanilaisiswayang55%dibawahKKM.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaankemandiriandanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranjaringandasarsebelumdansetelahmenggunakanModelFlippedClassroomberbantuananimasiinteraktifdanberbantuanvideopembelajaran.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.PopulasidalampenelitianiniadalahkelasXTKJSMKN3Batutahunpelajaran2017/2018.AdapunsampelpenelitiannyaadalahsebanyakduakelompokkelasyaitupesertadidikkelasXTKJAsebagaikelaseksperimen1yangterdiridari25siswadankelasXTKJCsebagaikelaseksperimen2yangberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianberupapretestdanpostestdengantipepilihangandayangberjumlah20soal.SedangkanInstrumentselanjutnyaadalahangketkemandirianbelajaryangterdiridari31pertanyaan.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanujiTmelaluiprogramSPSS21.0forWindowsyaitudenganmenggunakanPairedSampleujiT.BerdasarkananalisisdatahasilpenelitianpadaujiTyangdilakukandenganmenggunakanaplikasiSPSSmakadidapatinilaiSignifikan0.025yangberarti0.0250.05atau0.025lebihkecildari0.05.DatatersebutmenunjukkanbahwaadaperbedaansignifikankemandirianbelajarsiswamatapelajaranjaringandasaryangdiberipenerapanFlippedClassroomberbantuanvideopembelajarandibandingkandenganpenerapanFlippedClassroomberbantuananimasiinteraktif.SedangkanpadahasilbelajarpadaUjiTyangdilakukandenganmenggunakanaplikasiSPSSmakadidapatinilaiSignifikan0.200yangberarti0.2000.05atau0.200lebihbesardari0.05.DatatersebutmenunjukkanbahwatidakadaperbedaansignifikanHasilbelajarsiswamatapelajaranjaringandasaryangdiberipenerapanFlippedClassroomberbantuanvideopembelajarandibandingkandenganpenerapanFlippedClassroomberbantuananimasiinteraktif.KesimpulankeseluruhanbahwapenerapanFlippedClassroomberbantuananimasiinteraktiflebihbaikuntukmeningkatkankemandirianbelajarsiswadibandingkanpenerapanFlippedClassroomberbantuanvideopembelajaran.Sedangkanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakeduamodelmempunyaiefekyangsama.Sebagaiakhirpenelitianpenulismenyarankankepadaguruagarmenciptakansuasanabelajaryangefektifdanmenyenangkanagarhasilbelajardankemandirianpesertadidikdapatmeningkat.v