Pengembangan e-learning sebagai sumber belajar komputer terapan jaringan bermuatan problem based learning untuk menumbuhkan minat belajar pada siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 3 Malang / Rif'atul Azizah
Main Author: | Azizah, Rif'atul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46495/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAzizahRifaatul.2018.PengembanganE-learningSebagaiSumberBelajarKomputerTerapanJaringanBermuatanProblemBasedLearningUntukMenumbuhkanMinatBelajarPadaSiswaKelasXITeknikKomputerDanJaringandiSMKN3Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(2)M.ZainalArifinS.Si.M.Kom.KataKuncie-learningsumberbelajarproblembasedlearningminatbelajar.E-learningadalahpembelajaranyangmemanfaatkanjaringaninternetdanperangkatkomputersebagaimedianya.KomputerTerapanJaringanmerupakansalahsatumatapelajaranyangsedangditempuholehsiswakelasXITKJ.BerdasarkanhasilobservasidiSMKN3Malangterdapatbeberapatemuandiantaranya(1)sumberbelajaryangrelevanuntukgurudansiswabelumdikembangkandenganmaksimal(2)siswalebihsukamenggunakaninternetdalammencariinformasiuntukmenyelesaikansuatupermasalahan(3)siswalebihbanyakmemanfaatkanfasilitasinternetsekolahuntukbermaingameataubermediasosialdan(4)pembelajaranyangmembentukkemampuananalisabelumditerapkan.Akibatnyapembelajaranyangadaterkesansatuarahdanberpusatpadaguru.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)menghasilkansumberbelajare-learningbermuatanmodelProblemBasedLearninguntukmenumbuhkanminatbelajarpadasiswakelasXITKJdiSMKN3Malangdan(2)mengetahuikelayakane-learningditinjaudariminatbelajarsiswasetelahmenggunakannyasebagaisumberbelajardidalamprosespembelajaran.ModelpenelitianyangdigunakanadalahADDIEyangterdiridari5tahapdiantaranya(1)analyze(2)design(3)development(4)implementationdan(5)evaluate.Teknikpengujianmenggunakanangketkepadaahlimediadanahlimaterisebagaivalidatorselanjutnyadilakukanujicobaperseorangan(1orang)kelompokkecil(8siswa)dankelompokbesar(30siswa).Hasildaripengembangan(1)persentasevalidasiolehahlimediasebesar95.17%ahlimaterisebesar90.97%(2)ujicobaperseorangansebesar78.4%kelompokkecil85.22%ujicobakelompokbesar86.43%dan(3)hasilujicobaminatbelajarsebesar63.33%dalamkategoritinggi33.3%kategorisedangdan3.3%kategorirendah.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwae-learningyangdikembangkandinyatakanlayakuntukdigunakandandapatmenumbuhkanminatbelajarsiswakelasXITeknikKomputerdanJaringan.