Pengaruh penerapan model challenge based learning dibandingkan dengan model learning cycle terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Singosari / Elvira Yunanda Putri
Main Author: | Putri, Elvira Yunanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46474/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKPutriElviraYunanda.2018.PengaruhPenerapanModelChallengeBasedLearningdibandingkandenganModelLearningCycleterhadapHasilBelajarPemrogramanDasarpadaSiswaKelasXRekayasaPerangkatLunakdiSMKN2Singosari.SkripsiS1ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(II)HeruWahyuHerwantoS.T.M.Kom.KataKuncichallengebasedlearninglearningcyclehasilbelajarpemrogramandasarDalamprosespembelajaransiswamengalamikesulitandalammemahamimateripelajaranyangdisampaikangurukarenabahasayangdigunakangurudalammenyampaikanmaterimasihsulitdipahamisiswagurubelumdapatmengaktifkankondisikelassehinggamenyebabkankurangnyakeaktifanbelajarsiswadidalamkelas.Kondisitersebutberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswayangrendah.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswapadaranahpengetahuansetelahdiberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranCBL(2)mengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswapadaranahpengetahuansetelahdiberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranLC(3)mengetahuisignifikansiperbedaanrata-ratahasilbelajarsiswapadaranahsikapkarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCBLdibandingkandenganpenerapanmodelpembelajaranLC(4)mengetahuisignifikansiperbedaanrata-ratahasilbelajarsiswapadaranahpengetahuankarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCBLdibandingkandenganpenerapanmodelpembelajaranLC(5)mengetahuisignifikansiperbedaanrata-ratahasilbelajarsiswapadaranahketerampilankarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCBLdibandingkandenganpenerapanmodelpembelajaranLC.Penelitianiniadalahjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimental)menggunakanpendekatankuantitatif.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahNonrandomizedPretest-PosttestControlGroupDesign.ObjekpenelitianiniadalahsiswakelasXRekayasaPerangkatLunakSMKN2Singosaritahunajaran2017/2018.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahsiswakelasXRPL1sebagaikelaseksperimen1diberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycledankelasXRPL2sebagaikelaseksperimen2diberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranChallengeBasedLearning.Pengumpulandatadilakukanmelaluilembarkuesionerlembarobservasiketerampilandanunjukkerjasertatesobjektifpretestdanposttest.HasilanalisisdatapeningkatanhasilbelajarsiswaranahpengetahuanmenggunakanujiWilcoxonSignedRanksTestdanperbedaanhasilbelajarranahsikappengetahuandanketerampilanmenggunakanujiMann-WhitneyTest.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)terdapatpeningkatanhasilbelajarsiswapadaranahpengetahuansetelahdiberikanperlakuanmenggunakanmodelCBLdengansig.(2-tailed)0000