Pengaruh penerapan model challenge based learning dibandingkan dengan model learning cycle terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Singosari / Elvira Yunanda Putri

Main Author: Putri, Elvira Yunanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46474/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPutriElviraYunanda.2018.PengaruhPenerapanModelChallengeBasedLearningdibandingkandenganModelLearningCycleterhadapHasilBelajarPemrogramanDasarpadaSiswaKelasXRekayasaPerangkatLunakdiSMKN2Singosari.SkripsiS1ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(II)HeruWahyuHerwantoS.T.M.Kom.KataKuncichallengebasedlearninglearningcyclehasilbelajarpemrogramandasarDalamprosespembelajaransiswamengalamikesulitandalammemahamimateripelajaranyangdisampaikangurukarenabahasayangdigunakangurudalammenyampaikanmaterimasihsulitdipahamisiswagurubelumdapatmengaktifkankondisikelassehinggamenyebabkankurangnyakeaktifanbelajarsiswadidalamkelas.Kondisitersebutberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswayangrendah.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswapadaranahpengetahuansetelahdiberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranCBL(2)mengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswapadaranahpengetahuansetelahdiberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranLC(3)mengetahuisignifikansiperbedaanrata-ratahasilbelajarsiswapadaranahsikapkarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCBLdibandingkandenganpenerapanmodelpembelajaranLC(4)mengetahuisignifikansiperbedaanrata-ratahasilbelajarsiswapadaranahpengetahuankarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCBLdibandingkandenganpenerapanmodelpembelajaranLC(5)mengetahuisignifikansiperbedaanrata-ratahasilbelajarsiswapadaranahketerampilankarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCBLdibandingkandenganpenerapanmodelpembelajaranLC.Penelitianiniadalahjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimental)menggunakanpendekatankuantitatif.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahNonrandomizedPretest-PosttestControlGroupDesign.ObjekpenelitianiniadalahsiswakelasXRekayasaPerangkatLunakSMKN2Singosaritahunajaran2017/2018.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahsiswakelasXRPL1sebagaikelaseksperimen1diberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycledankelasXRPL2sebagaikelaseksperimen2diberikanperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranChallengeBasedLearning.Pengumpulandatadilakukanmelaluilembarkuesionerlembarobservasiketerampilandanunjukkerjasertatesobjektifpretestdanposttest.HasilanalisisdatapeningkatanhasilbelajarsiswaranahpengetahuanmenggunakanujiWilcoxonSignedRanksTestdanperbedaanhasilbelajarranahsikappengetahuandanketerampilanmenggunakanujiMann-WhitneyTest.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)terdapatpeningkatanhasilbelajarsiswapadaranahpengetahuansetelahdiberikanperlakuanmenggunakanmodelCBLdengansig.(2-tailed)0000