Penerapan model pembelajaran Challenge Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ mata pelajaran Pemrograman dasar di SMKN 1 Udanawu Blitar / Ilma Erviana Melyatul Fitria
Main Author: | Fitria, Ilma Erviana Melyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46465/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitriaIlmaErvianaMelyatul.2018.PenerapanModelPembelajaranChallengeBasedLearningDibandingkandenganModelPembelajaranCreativeProblemSolvingTerhadapHasilBelajarSiswaKelasXTKJMataPelajaranPemrogramanDasardiSMKN1Udanawu.Skripsi.JurusanTeknikElektroProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WahyuSaktiG.I.M.Kom.(2)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKuncichallengebasedlearningcreativeproblemsolvinghasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadabulanAgustusdiSMKN1UdanawupadaMataPelajaranPemrogramanDasarKelasXTKJditemukanmasihbanyaksiswayangbelumaktifdanhasilbelajarnyarelatifmasihrendah.Untukmengatasimasalahtersebutperluadanyainovasimodelpembelajaranyanglebihefektifdanefisien.Salahsatuupayayangdapatdilakukanadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidengankaraktersiswasertamateriyangdiajarkangunameningkatkanhasilbelajarsiswa.SubyekpenelitianyangdigunakanadalahsiswakelasXTKJ1sebagaikelaseksperimen1yangmenerapkanmodelpembelajaranChallengeBasedLearningdankelasXTKJ2sebagaikelaseksperimen2yangmenerapkanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganpendekatankuantitatif.Desainyangdigunakanpadapenelitianiniadalahquasiexperimentaldesigndenganpolaposttestonlycontrolgroupdesign.Pengumpulandatadilakukanmelaluites(posttest)danlembarobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)rata-ratahasilbelajarranahkognitifsiswakelaseksperimen1yangmenerapkanmodelpembelajaranChallengeBasedLearninglebihtinggidibandingsiswakelaseksperimen2yangmenerapkanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(2)rata-ratahasilbelajarranahafektifsiswakelaseksperimen1yangmenerapkanmodelpembelajaranChallengeBasedLearninglebihtinggidibandingsiswakelaseksperimen2yangmenerapkanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving.