Penerapan model pembelajaran Challenge Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ mata pelajaran Pemrograman dasar di SMKN 1 Udanawu Blitar / Ilma Erviana Melyatul Fitria

Main Author: Fitria, Ilma Erviana Melyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46465/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriaIlmaErvianaMelyatul.2018.PenerapanModelPembelajaranChallengeBasedLearningDibandingkandenganModelPembelajaranCreativeProblemSolvingTerhadapHasilBelajarSiswaKelasXTKJMataPelajaranPemrogramanDasardiSMKN1Udanawu.Skripsi.JurusanTeknikElektroProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WahyuSaktiG.I.M.Kom.(2)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKuncichallengebasedlearningcreativeproblemsolvinghasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadabulanAgustusdiSMKN1UdanawupadaMataPelajaranPemrogramanDasarKelasXTKJditemukanmasihbanyaksiswayangbelumaktifdanhasilbelajarnyarelatifmasihrendah.Untukmengatasimasalahtersebutperluadanyainovasimodelpembelajaranyanglebihefektifdanefisien.Salahsatuupayayangdapatdilakukanadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidengankaraktersiswasertamateriyangdiajarkangunameningkatkanhasilbelajarsiswa.SubyekpenelitianyangdigunakanadalahsiswakelasXTKJ1sebagaikelaseksperimen1yangmenerapkanmodelpembelajaranChallengeBasedLearningdankelasXTKJ2sebagaikelaseksperimen2yangmenerapkanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganpendekatankuantitatif.Desainyangdigunakanpadapenelitianiniadalahquasiexperimentaldesigndenganpolaposttestonlycontrolgroupdesign.Pengumpulandatadilakukanmelaluites(posttest)danlembarobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)rata-ratahasilbelajarranahkognitifsiswakelaseksperimen1yangmenerapkanmodelpembelajaranChallengeBasedLearninglebihtinggidibandingsiswakelaseksperimen2yangmenerapkanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(2)rata-ratahasilbelajarranahafektifsiswakelaseksperimen1yangmenerapkanmodelpembelajaranChallengeBasedLearninglebihtinggidibandingsiswakelaseksperimen2yangmenerapkanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving.