Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen / Dawam Abdul Aziz

Main Author: Aziz, Dawam Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46460/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAzizDawamAbdul.2017.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasXRPLpadaMatapelajaranSistemOperasidiSMKNegeri1Kepanjen.Skripsi.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WahyuSaktiG.I.M.Kom..(2)M.ZainalArifinS.Si.M.Kom.KataKunciProblemBasedLearning(PBL)KeaktifandanHasilBelajarKeberhasilankegiatanpembelajarandapatdiukurdarikeaktifansiswadanhasilbelajarsiswa.HasilobservasidanwawancarapadakelasXRPL2matapelajaranSistemOperasidiSMKNegeri1Kepanjenditemukanbahwasiswakurangterlibataktifdalampembelajaran.Hasilbelajarsiswamasihrendah.Darihasilobservasididapatkanhanya1053%siswayangnilainyamencapaistandarKKM.Padapelaksanaanpratindakanditemukanbahwasiswacenderungpasifdalamkegiatanpembelajarandikarenakangurukurangterstrukturdalammelaksanakanpembelajaran.Modelpembelajaranyangditerapkandikelaslebihbanyakterpusatkepadaguru.ModelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)merupakanmodelpembelajaranyangdiawalidenganpemberianmasalah-masalahkonstektualtentangsuatumateriyangnantinyamampumembawasiswauntukberpikirkritiskreatifmampubernalardanmengkomunikasikanapayangtelahdiperolehdalampembelajaran.PenerapanmodelpembelajaranPBLbertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXRPL2padamatapelajaranSistemOperasidiSMKNegeri1Kepanjen.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifPenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenggunakanmodelpenelitianKemmisdanMcTaggart.ModelpenelitianKemmisdanMcTaggartmemilikibeberapasiklus.Masing-masingsiklusterdiridari(1)perencanaan(planning)(2)aksiatautindakan(action)(3)observasi(observing)dan(4)refleksi(reflecting).Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasidanlembarpenilaian.Hasilpenelitianiniadalah(1)keterlaksanaanmodelpembelajaranPBLpadasiklusIdenganpersentasekegiatanguru8333%dankegiatansiswa7667%.SedangkanpadasiklusIIpersentasekegiatanguru9333%dankegiatansiswa90%.(2)KeaktifansiswapadasiklusIadalah7368%dansiklusII8894%.(3)HasilbelajarsiswasecaraberurutanpadasiklusIadalahranahpengetahuan6579%ranahsikap8183%danranahketerampilan7861%.SedangkanpadasiklusIIsecaraberurutanadalahranahpengetahuan8947%ranahsikap8999%danranahketerampailan9012%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXRPL2padamatapelajaranSistemOperasidiSMKNegeri1Kepanjen.SarandalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatdijadikansebagaisalahsatualternatifbagigurudalamprosespembelajaranuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.