Perbandingan penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga konkret dengan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar Komputer Terapan jaringan kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Probolinggo / Aprilia Eka Putri

Main Author: Putri, Aprilia Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/46427/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEkaPutriAprilia.2017.PerbandinganPenerapanModelDiscoveryLearningBerbantuanAlatPeragaKonkretdenganModelPembelajaranProblemSolvingterhadapHasilBelajarKomputerTerapanJaringanKelasXITKJSMKNegeri2Probolinggo.Skripsi.ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)M.ZainalArifinS.Si.M.Kom.KatakunciDiscoveryLearningProblemSolvingHasilBelajarHasilbelajartidakdapatdipisahkandarikegiatanbelajarkarenakegiatanbelajarmerupakanprosessedangkanhasilmerupakanhasildariprosesbelajar.Akantetapidalampraktiknyamasihterdapatberbagaipermasalahanpadapembelajarandiantaranyapembelajarancenderungkurangvariatifsuasanabelajarkurangmenariksiswalebihbergantungkepadagurudantemansebayasertatanggungjawabminatdankesadaranbelajarsiswarendahyangberakibatpadahasilbelajaryangbelummaksimal.Pemilihanmodelpembelajaranyangsesuaiakanberdampakpadahasilbelajarsiswa.Modelpembelajaranyangmampumembuatsiswalebihaktifbekerjasamadalamkelompoktermotivasisertabertanggungjawabpadapembelajaran.Duadiantaranyaadalahpenerapanmodeldiscoveylearningdanmodelpembelajaranproblemsolving.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuiadanyaperbedaanterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajarankomputerterapanjaringansesudahditerapkanmodeldiscoverylearningberbantuanalatperagakonkretdanmodelpembelajaranproblemsolving.(2)mengetahuiadanyapengaruhterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajarankomputerterapanjaringansebelumdansesudahditerapkanmodeldiscoverylearningberbantuanalatperagakonkretdanmodelpembelajaranproblemsolvingpadasiswakelasXITKJdiSMKNegeri2ProbolinggoTahunPelajaran2016/2017.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendengankelasXITKJ3sebagaikelaseksperimen1yangditerapkanmodeldiscoverylearningberbantuanalatperagakonkretsedangkankelasXITKJ4sebagaikelaseksperimen2yangditerapkanmodelpembelajaranproblemsolving.BentukpenelitianyangdigunakanadalahQuasiExperimentalDesignataupenelitiansemudenganmenggunakanteknikanalisisdatahasilpenelitianantaralainujicobainstrumenujiprasyaratanalisisdanujihipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarantarakelaseksperimen1dengankelaseksperimen2yangdibuktikandengannilairatarataposttesteksperimen1(8375)lebihtinggidibandingkannilairata-rataposttesteksperimen2(7778)dengannilaisignifikansi005yaitu0026.Hasilpenelitianjugamenunjukkanadanyaperbedaanhasilbelajarsebelumdansesudahditerapkanmodelpembelajaranpadakelaseksperimen1daneksperimen2yaitunilairata-ratasebelum(5393)menjadinilairata-ratasesudah(8375)padakelaseksperimen1dannilairata-ratasebelum(5093)menjadinilairata-ratasesudah(7778)padakelaseksperimen2.Haltersebutjugadidukungdengannilaisignifikansikorelasi005yaitu0000sertanilaisignifikansithitung0025yaitu0000padakelaseksperimen1dankelaseksperimen2