Studi tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota batu / Gisra Rahmadhita
Main Author: | Rahmadhita, Gisra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46392/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmadhitaGisra.2017.StudiTentangPelaksanaanSupervisiPembelajaranPadaProgramKeahlianTeknikKomputerdanInformatikaSekolahMenengahKejuruan(SMK)diKotaBatu.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.TriAtmadjiSutiknoM.Pd.(II)IMadeWirawanS.T.M.T.KataKunciSupervisiPembelajaranSMKTeknikKomputerdanInformatikaPelaksanaansupervisipembelajarantidakluputdaribeberapahambatanyangdialamiolehguruyaituadanyakebijakanpemerintahyangmewajibkanguruagarmelakukanpenelitiantindakankelasuntukkenaikanpangkatnya.Namunpermasalahanyangmunculyaitugurumasihbelummemilikikualitasdiriyangbaikuntukmelakukanpenelitiandenganbaikdangurubelumbisadalammenyeimbangkanantaraprosespembelajarandanpenelitianyangdilakukan.Jumlahpengawasyangtersediadilapangantidaksebandingdenganguruyangdisupervisi.Haliniseringkalimenyebabkanpengawaskewalahandantidakjaranghasilnyajugakurangmemuaskan.Perubahankurikulumyangterlaluseringdengantempoyangsingkat.Halinimenjadimasalahketikaditemukankesenjanganpersonalgurudalammenyesuaikandenganperaturanbaru.Sehinggaenergidanwaktusupervisorbanyakterkurasuntukmembantuguru-gurutersebut.Akhirnyakeadaaniniberimbaspadakewajibanpentingsupervisoryanglainsepertimenyusunprogrampengawasanmelaksanakanpembinaangurumelaksanakanevalusihasilpelaksanaanprogrampengawasanmembimbingprofesionalgurupelaporanhasilpengawasandanlainsebagainya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatpelaksanaansupervisipembelajaranpadaProgramKeahlianTeknikKomputerdanInformatikaSekolahMenengahKejuruandiKotaBatu.Bentukpenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpendekatankuantitatif.SubyekdalampenelitianiniadalahguruproduktifProgramKeahlianTeknikKomputerdanInformatikaSekolahMenengahKejuruandiKotaBatuyangmeliputiMultimediaRekayasaPerangkatLunakdanTeknikKomputerdanJaringandenganjumlah26orang.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulatifyangberartisemuasubyekdijadikanrespondenpenelitian.Teknikpengumpulandatamenggunakankuesioner.UjiinstrumenmenggunakanvalidasikonstrukolehtimahliSedangkanuntukujivalidasiisiyangdiujicobakanpadaguruproduktifdenganjumlah8respondendiSMKMaarifBatu.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaansupervisipembelajaranpadaProgramKeahlianTeknikKomputerdanInformatikaSekolahMenengahKejuruandiKotaBatuyangmeliputiaspek-aspekyangditelitiyaitu1)penyusunanrencanakegiatanpembelajaranmemilikinilaipersentaseyangmayoritasberadadalamkategoribaik2)pelaksanaankegiatanpembelajaranmemilikinilaipersentasetinggiterdapatpadakategorisangatbaik3)pelaksanaanpenilaianhasilbelajarmemilikinilaipersentaseterbesarberadapadakategoribaik.