Perbedaan hasil belajar antara penerapan model cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran dasar pemrograman siswa kelas X di SMK Negeri 2 Madiun / Evania Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Evania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46369/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawatiEvania.2017.PerbedaanHasilBelajarantaraPenerapanModelCooperativeLearningTipeThinkPairShare(TPS)danModelProblemBasedLearning(PBL)PadaMataPelajaranDasarPemrogramanKelasXdiSMKNegeri2Madiun.Skripsi.ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroUniversitasNegeriMalang.KataKunciHasilBelajarModelCooperativeLearningTipeThinkPairShare(TPS)ModelProblemBasedLearning(PBL)DasarPemrogramanKebanyakangurudalammenyampaikanmateripembelajaranhanyamenggunakanmodel-modelyangberpusatpadaguruataukonvensionalsehinggakurangmengaktifkanpartisipasisiswadalamprosespembelajarannya.SebagianbesarsiswakhususnyapadamatapelajaranDasarPemrogramanmendapatnilaiUTSyangkurangmemuaskan.MatapelajaranDasarPemrogramanmerupakansalahsatumatapelajaranyangmembutuhkanlogikadanketrampilanpraktikum.Pemilihanmodelyangmonotondankuranginovatifakanmembuatsiswamerasakesulitandalamprosesbelajarmengajar.Salahsatucarameningkatkanhasilbelajarsiswaadalahmenerapkanmodelmengajaryangbervariasi.Modelpembelajaranadalahsuatuperencanaanatausuatupolayangdigunakansebagaipedomandalammerencanakanpembelajarandikelasataupembelajarandalamtutorial.ModelCooperativeLearningtipeThinkPairShare(TPS)danmodelProblemBasedLearning(PBL)adalahmodelpembelajaranyangberbasispadapemecahanmasalah.PemecahanmasalahberkaitaneratdenganmatapelajaranDasarPemrograman.Beberapapenelitianmenyebutkanbahwakeduanyadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmenelitiperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanmodelCooperativeLearningtipeThinkPairShare(TPS)danmodelProblemBasedLearning(PBL)padamatapelajaranDasarPemrograman.DesainpenelitianyangdigunakanadalahQuasiEksperimentalDesign.SampelpenelitianadalahseluruhsiswakelasXMultimedia1dan2diSMKNegeri2Madiuntahunajaran2016/2017.KelasXMM1sebagaikelaseksperimen(TPS)danXMM2sebagaikelaskontrol(PBL).VariabelpenelitianiniterdirivariabelbebasyaitumodelpembelajaranTPSdanPBLvariabelterikatyaituhasilbelajar.Hasilpenelitiandiujidenganuji-tmenunjukkannilaisig005danthitungttabelpadahasilbelajarranahkognitif.SedangkankarenadatahasilbelajarranahafektifdanpsikomotortidakterdistribusidengannormalmakadigunakanujiMann-Whitneydandiperolehnilaisig005.DarihasilhasildiatasdapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajarranahkognitifafektifdanpsikomotorantarapenggunaanmodelpembelajaranCooperativeLearningtipeThinkPairShare(TPS)danpenggunaanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).HalinisemakindiperkuatdenganhasilbelajarpadamatapelajarandasarpemrogramanyangdiperolehpadakelaskontrolyangmenggunakanmodelPBLdenganjumlahsebanyak30siswamemilikinilairata-ratahasilbelajarkognitifyaitu7783afektif9183danpsikomotor8516dankelaseksperimenyangmenggunakanmodelTPSdenganjumlahsebanyak28siswamemilikinilairata-ratalebihtinggiyaitukognitif7996afektif9303danpsikomotor9142.BerdasarkandatatersebutkelaseksperimenyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeLearningtipeThinkPairShare(TPS)memilikirata-ratanilaiyanglebihbaikbiladibandingkandengankelaskontrolyangdiajarmenggunakanmodelProblemBasedLearning(PBL).Berdasarkanperbedaannilairata-ratasiswahasilujihipotesisjugamenunjukkanperbedaanyangsignifikan.BerdasarkanhasiltersebutdapatditariksebuahkesimpulandaripenelitianiniyaituterdapatperbedaanhasilbelajarranahkognitifafektifdanpsikomotoryangsignifikanantarapenerapanmodelCooperativeLearningtipeThinkPairShare(TPS)danmodelProblemBasedLearning(PBL)padamatapelajaranDasarPemrogramankelasXdiSMKNegeri2Madiun.