Pengaruh perbandingan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan discovery learning berbantuan audio visual terhadap hasil belajar pada perakitan komputer kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri Winongan Kabupaten Pasuruan / Kustianingsih

Main Author: Kustianingsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/46328/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKustianingsih.2017.PengaruhPerbandinganPenerapanModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)DanDiscoveryLearningBerbantuanAudioVisualTerhadapHasilBelajarPadaPerakitanKomputerKelasXJurusanTKJDiSMKNegeriWinonganKabupatenPasuruan.SkripsiProgramPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SetiadiCahyonoP.M.Pd.M.T(II)Drs.SuwasonoM.TKataKunciStudentTeamsAchievementDivisionDiscoveryLearningAudioVisualHasilBelajar.BerdasarkanhasilwawancaraolehgurupengampumatapelajaranPerakitanKomputerprosespembelajaranyangditerapkanolehgurusangatberpengaruhterhadapkeberhasilansiswadalambelajar.Salahsatuindikasirendahnyahasilbelajarsiswaadalahmodelpembelajaranyangbelummaksimal.Dalamprosespembelajaransiswamalasuntukmengikutipembelajaranyangakhirnyaakanberpengaruhpadahasilbelajar.Halinidipengaruhiolehbanyakfaktorsalahsatudiantaranyaadalahpenggunaanmodelpembelajaranyangkurangtepatterdapatkondisisiswa.Tujuanpenelitianiniyaitu(1)untukmengetahuiperbedaanrata-ratahasilbelajarranahpengetahuandanketerampilanperakitankomputermenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivisiondanDiscoverylearningberbantuanaudiovisualpadasiswakelasXprogramkeahlianTKJdiSMKNegeriWinonganKabupatenPasuruan.MetodedalampenelitianinimenggunakanQuasiEksperimentdenganPost-testOnlyDesign.VariabelyangdiukurdalampenelitianiniadalahhasilbelajarmeliputiranahpengetahuandanranahketerampilansiswakelasXTKJpadamateriPerakitanKomputersebagaivariabelterikatsedangkanvariabelbebasnyaadalahpenerapanmodelpembelajaranSTADdanDiscoverylearningberbantuanaudiovisual.Teknikpengumpulandatameliputipost-test.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahteshasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianyangdiperolehyaitu(1)rata-ratahasilbelajarkelasdiscoverylearningranahpengetahuansebesar8397danranahketerampilan8632dansedangkankelasSTADranahpengetahuansebesar7958danranahketerampilan8033.(2)berdasarkanhasiluji-tyaituterdapatperbedaanyangsignifikanbaikdalamranahpengetahuanmaupunranahketerampilandengannilaisig.masing-masingsebesar001dan001atausig.