Perbedaan rata-rata hasil belajar dan kemandirian belajar pemrograman web karena penerapan model PjBL berbantuan digi book dibandingkan dengan berbantuan reference book pada siswa kelas X Program Keahlian RPL di SMKN 2 Singosari / Agrista Dwi Priyani Rusdiharti

Main Author: Rusdiharti, Agrista Dwi Priyani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/46298/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRusdihartiAgristaDwiPriyani.2017.PerbedaanHasilBelajardanKemandirianBelajarPemrogramanWebkarenaPenerapanModelPjBLBerbantuanDigiBookDibandingkandenganBerbantuanReferenceBookPadaSiswaKelasXProgramKeahlianMultimediadiSMKN2Singosari.JurusanTeknikElektroProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SetiadiC.PM.Pd.M.T(2)M.ZainalArifinS.Si.M.Kom.KataKunciProjectBasedLearningHasilBelajarKemandirianBelajarDigiBookdanReferenceBookPadajamanmoderninikemajuanteknologisangatlahpesatterutamadidalambidangpendidikan.Karenasekaranginisudahsemakinbanyakpenggunaanbahanajardigitalsoftwareatauaplikasipendukungpembelajaran.SepertipermasalahanyangadadiSMKN2SingosariyaitumediapembelajaranyangdigunakanmasihmenggunakanPDF.StrategiyangakandigunakanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmembandingkanbahanajardariyangtelahdibuatolehgurudenganpemberiannamaReferenceBookdanbahanajarlainyangtelahdivalidasiyangdiberikannamaDigiBook.Penelitianbertujuanuntukmendeskripsikan(1)hasilbelajarkarenapenerapanmodelpembelajaranPjBLberbantuanbahanajarReferenceBookdandenganDigiBookdan(2)kemandirianbelajarkarenapenerapanmodelpembelajaranPjBLberbantuanbahanajarReferenceBookdandenganDigiBook.Kemudianuntukmembedakan(1)rata-ratahasilbelajarPemrogramanWebkarenapenerapanmodelPjBLberbantuanDigiBookdenganberbantuanReferenceBookdan(2)rata-ratakemandirianbelajarPemrogramanWebkarenapenerapanmodelPjBLberbantuanDigiBookdenganberbantuanReferenceBook.PenelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatifQuasiExperimentalDesigndenganpemberiantesberupaPosttestOnlyNon-EquivalentCotrolGroup.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXRPLSMKN2Singosari.Sampelyangdiambildalampenelitianberjumlah64siswamasing-masingkelasterdiridari32siswa.Instrumenpengukuranberupateskognitiflembarpenilaianpsikomotorikdanrubrikobservasi.UntukujihipotesismenggunakanIndependentSampleT-test.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatan(1)hasilbelajarkarenapenerapanmodelpembelajaranPjBLdenganberbantuanReferenceBookdanDigiBookdan(2)kemandirianbelajaryangdipengaruhiolehmodelpembelajaranPjBLdenganReferenceBookdanDigiBook.Kemudianterdapatperbedan(1)hasilbelajarranahpengetahuandengansig0000