Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dan direct instruction pada matapelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Agnes Andani Rais

Main Author: Rais, Agnes Andani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/46276/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAndaniAgnes.2017.PerbedaanMotivasidanHasilBelajarSiswaMenggunakanModelProblemBasedLearningdanDirectInstructionpadaMatapelajaranJaringanDasarKelasXdiSMKNegeri6Malang.SkripsiProdiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(II)Dr.HarySuswantoM.T.KatakunciProblemBasedLearningDirectInstructionMotivasiHasilBelajarJaringanDasar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMKNegeri6MalangpadakelasXmatapelajaranJaringanDasaradalahsebagaiberikut(1)PembelajaranJaringanDasardiajarkanmenggunakanmodelpembelajarankovensional(DirectInstruction)(2)Hasilbelajarsiswamasihtergolongrendahkurangdari75KKMyangditetapkanolehsekolah(3)Kurangnyapemahamansiswaterhadapmateripembelajaran.Halinidisebabkangurubelummenggunakanmodelpembelajaranyangtepatdanmembuatprosespembelajarancukupmembosankan(4)menurunyamotivasibelajar.UntukituagardapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajardantercapainyatujuanpembelajarandalammatapelajaranJaringanDasarperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiadanyaperbedaanyangsignifikanberupahasilbelajarpretestdanposttestpadakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(2)mengetahuiadanyaperbedaanyangsignifikanberupahasilbelajarposttestpadakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdankelaskontrolyangmenggunakanmodelpembelajaranDirectInstruction(3)mengetahuiadanyaperbedaanyangsignifikanterhadapmotivasibelajarsiswamenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdanmodelpembelajaranDirectInstruction.AnalisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahUji-tdanujiAnava.HasilpenelitianmenunjukkanperbedaanhasilpretestdanposttestyangsignifikanpadamodelpembelajaranProblemBasedLearningyangdibuktikandengannilairata-ratapretest6100danposttest8664dengannilaisig005yaitu0000.HasilpenelitianjugamenunjukkanadanyapengaruhmodelpembelajaranDirectInstructionyangdibuktikandengannilairata-ratapretest5755dannilairata-rataposttest7347.Halinidibuktikandengannilaisig005yaitu0000.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearningefisiendanefektifuntukditerapkanpadamatapelajaranJaringanDasardiSMKNegeri6Malang.