Pengembangan modul ajar pemrograman web dinamis bermuatan project based learning untuk menumbuhkan kreativitas siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari / Asnita Meydelia Catur Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Asnita Meydelia Catur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46265/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawatiAsnitaMeydeliaCatur.2017.PengembanganModulAjarPemrogramanWebDinamisBermuatanProjectBasedLearninguntukMenumbuhkanKreativitasSiswaKelasXIProgramKeahlianRekayasaPerangkatLunakdiSMKNegeri2Singosari.SkripsiS1ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SetiadiC.PM.PdM.T(II)M.ZainalArifinS.SiM.Kom.KatakunciKreativitasModulajarPemrogramanWebDinamisProjectBasedLearning.SMKNegeri2SingosarimerupakansalahsatusekolahyangmemerlukaninovasibarudalampembelajaranPemrogramanWebDinamis.SelamainibahanajaryangdigunakanpadasaatpembelajaranPemrogramanWebDinamisyaitubahanajarsederhanaberupapowerpoint.Terbatasnyabahanajarinimengakibatkanrendahnyaminatsiswauntukmempelajarimateri.Rendahnyaminatbelajarsiswaberdampakpadakreativitassiswapadasaatpembelajaranberlangsung.Sehinggadiperlukaninovasiyaitupengembanganbahanajarberupamodulajar.SalahsatucaraagarmoduldapatmenumbuhkankreativitassiswaadalahmengintegrasikanProjectBasedLearning(PjBL)kedalammodulajar.TujuandaripengembanganiniadalahmerencanakanmengembangkanmengujicobakandanmemanfaatkanmodulajarPemrogramanWebDinamisbermuatanProjectBasedLearninguntukmenumbuhkankreativitassiswa.MetodepengembanganyangdigunakanadalahmodelDickandCarey.ModelDickandCareymempunyaisepuluhlangkah.Namunpadapengembanganinidibatasihanyapadalangkahkesembilainyaiturevisi.Modelpengembanganinidipilihkarenapadamodulajaryangdikembangkanterdapatunsurpembelajaranyangdiintegrasikankedalammodul.Modulajaryangdihasilkanterdiridarimodulsiswadanmodulpeganganguruyangterdiridari4materiberdasarkanKompetensiDasarKurikulum2013padaSemesterGenap.Hasilvalidasimodulajaryangdikembangkanlayakdigunakan.Berdasarkanhasilvalidasimoduldarisisimaterimemperolehpersentasesebesar9474%.Hasilvalidasimoduldarisisimediamemperolehpersentasesebesar7874%.Padaujicobaawalpenerapanmodulajarmemperolehpersentasesebesar8607%danpadaujicobaakhirpenerapanmodulajarmemperolehpersentasesebesar8633%.Modulajaryangdikembangkanmampumenumbuhkankreativitassiswa.HalinidibuktikanmelaluihasilobservasikreativitassiswadalammenggunakanmodulajarPemogramanWebDinamis.Sebagianbesarsiswacenderungmemilikikreativitastinggidenganpersentase9063%padasaatmenggunakanmodulajarPemrogramanWebDinamisyangdikembangkansedangkanhanyaterdapatbeberapasiswayangmemilikikreativitassedangdenganpersentase937%padasaatmenggunakanmodulajarPemrogramanWebDinamis.