Pengembangan modul ajar pemrograman web dinamis bermuatan project based learning untuk menumbuhkan kreativitas siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari / Asnita Meydelia Catur Kurniawati

Main Author: Kurniawati, Asnita Meydelia Catur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/46265/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniawatiAsnitaMeydeliaCatur.2017.PengembanganModulAjarPemrogramanWebDinamisBermuatanProjectBasedLearninguntukMenumbuhkanKreativitasSiswaKelasXIProgramKeahlianRekayasaPerangkatLunakdiSMKNegeri2Singosari.SkripsiS1ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SetiadiC.PM.PdM.T(II)M.ZainalArifinS.SiM.Kom.KatakunciKreativitasModulajarPemrogramanWebDinamisProjectBasedLearning.SMKNegeri2SingosarimerupakansalahsatusekolahyangmemerlukaninovasibarudalampembelajaranPemrogramanWebDinamis.SelamainibahanajaryangdigunakanpadasaatpembelajaranPemrogramanWebDinamisyaitubahanajarsederhanaberupapowerpoint.Terbatasnyabahanajarinimengakibatkanrendahnyaminatsiswauntukmempelajarimateri.Rendahnyaminatbelajarsiswaberdampakpadakreativitassiswapadasaatpembelajaranberlangsung.Sehinggadiperlukaninovasiyaitupengembanganbahanajarberupamodulajar.SalahsatucaraagarmoduldapatmenumbuhkankreativitassiswaadalahmengintegrasikanProjectBasedLearning(PjBL)kedalammodulajar.TujuandaripengembanganiniadalahmerencanakanmengembangkanmengujicobakandanmemanfaatkanmodulajarPemrogramanWebDinamisbermuatanProjectBasedLearninguntukmenumbuhkankreativitassiswa.MetodepengembanganyangdigunakanadalahmodelDickandCarey.ModelDickandCareymempunyaisepuluhlangkah.Namunpadapengembanganinidibatasihanyapadalangkahkesembilainyaiturevisi.Modelpengembanganinidipilihkarenapadamodulajaryangdikembangkanterdapatunsurpembelajaranyangdiintegrasikankedalammodul.Modulajaryangdihasilkanterdiridarimodulsiswadanmodulpeganganguruyangterdiridari4materiberdasarkanKompetensiDasarKurikulum2013padaSemesterGenap.Hasilvalidasimodulajaryangdikembangkanlayakdigunakan.Berdasarkanhasilvalidasimoduldarisisimaterimemperolehpersentasesebesar9474%.Hasilvalidasimoduldarisisimediamemperolehpersentasesebesar7874%.Padaujicobaawalpenerapanmodulajarmemperolehpersentasesebesar8607%danpadaujicobaakhirpenerapanmodulajarmemperolehpersentasesebesar8633%.Modulajaryangdikembangkanmampumenumbuhkankreativitassiswa.HalinidibuktikanmelaluihasilobservasikreativitassiswadalammenggunakanmodulajarPemogramanWebDinamis.Sebagianbesarsiswacenderungmemilikikreativitastinggidenganpersentase9063%padasaatmenggunakanmodulajarPemrogramanWebDinamisyangdikembangkansedangkanhanyaterdapatbeberapasiswayangmemilikikreativitassedangdenganpersentase937%padasaatmenggunakanmodulajarPemrogramanWebDinamis.