Pengembangan modul mata pelajaran komputer terapan jaringan dengan model PBL (Project Based Learning) untuk siswa kelas XI Jurusan TKJ di SMKN 2 Malang / Sulu Basthiyan Zamara
Main Author: | Zamara, Sulu Basthiyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46174/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZamaraSuluBasthiyan.2016.PengembanganModulMataPelajaranKomputerTerapanJaringandenganModelPBL(ProjectBasedLearning)untukSiswaKelasXIJurusanTKJdiSMKN2Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)HeruWahyuHerwantoS.T.M.Kom.(II)Dr.Eng.SitiSendariS.T.M.T.KataKuncipengembanganmodulKomputerTerapanJaringanTKJ.BahanajardiSekolahMenengahKejuruan(SMK)bertujuanuntukmembuatsiswalebihmudahdalammemahamisuatuilmupengetahuanyangakanmenunjangpeningkatanketerampilansiswayangakhirnyamenciptakanlulusanyangterampilterdidikprofesional.BahanajaryangdiharapkanuntukmencapaitujuantersebutadalahbahanajaryangberupamodulpembelajaranyangmempunyaimateriyangsesuaidenganKIKDdanjugasilabussertasesuaidenganmateriyangdibutuhkanolehsekolah.BerdasarkanobservasidiSMKN2MalangadapermasalahanyaitumasihkurangnyabahanajaryangmenunjangpembelajaranKomputerTerapanJaringandisekolahini.Berdasarkanobservasidengangurumatapelajaranmengatakanbahwaselamamatapelajaranberlangsungsiswamasihbingungterhadapmateriinidenganbertanyapadateman-temannya.Kebingungansiswaterjadikarenamasihkuranglengkapnyamodulyangdapatmembantudanmengarahkanmerekamemahamimateriinidangurutidakdapatmenjawabpertanyaansiswasecarabersamaanmelainkanharusbergantian.Haltersebutsangatmengganggusuasanabelajaryangakhirnyamembuatpembelajarantidakkondusif.PenelitianmenggunakanmodelpengembanganDickandCarey(2001)yangterdiridari9(Sembilan)langkahyaitu(1)mengidentifikasitujuanpembelajaran(2)mengidentifikasiperilakudankarakteristik(3)merumuskantujuanpembelajaran(4)melakukananalisispembelajaran(5)mengembangkanbutirtesacuanpatokan(6)mengembangkanstrategipembelajaran(7)mengembangkanbahanajar(8)merancangdanmelaksanakanujicobaformatifdan(9)revisibahanajar.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaradanobservasi.Setelahmelaluitahapvalidasidanujicobanilaipersentasehasilvalidasiahlimateriterhadapmodulsiswadanmodulguruadalah9643%dan9688%nilaipersentasehasilvalidasiahlimediaterhadapmodulsiswadanmodulguruadalah9500%dan9621%nilaipersentasehasilujicobakelompokkeciladalah9133%sertanilaipersentasehasilujicobakelompokbesaradalah9500%.Nilai-nilaipersentaseinimenunjukkanbahwamodulsiswadanmodulguruyangtelahdikembangkantergolongdalamkategorisangatvalidataudapatdigunakantanparevisi.