Pengembangan modul menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI dan text dengan model pembelajaran proyek (PjBL) untuk kelas XI TKJ semester 1 di SMKN 1 Blitar / Dyah Ayu Fladya Rizky
Main Author: | Rizky, Dyah Ayu Fladya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46163/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRizkyDyahAyuFladya.2015.PengembanganmodulmenginstalasisistemoperasijaringanberbasisGUIdantextdenganmodelpembelajaranproyek(PjBL)untuksiswakelasXITKJsemester1diSMKN1Blitar.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihantoS.S.TM.Pd.(II)M.ZainalArifinS.SiM.Kom.KataKunciPengembanganModulPjBLSistemOperasiJaringanBahanajardiSekolahMenengahKejuruan(SMK)bertujuanuntukmembuatsiswalebihmudahdalammemahamisuatuilmupengetahuanyangakanmenunjangpeningkatanketrampilansiswayangakhirnyamenciptakanlulusanyangterampilterdidikprofessionaldandapatmengembangkandirinyasejalandenganperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Bahanajaryangdiharapkanadauntukmencapaitujuantersebutialahbahanajaryangberupamodulpembelajaran.BerdasarkanobservasidiSMKN1BlitaradapermasalahanyaitumasihsangatminimnyabahanajaryangmenunjangpembelajaranmenginstalasisistemoperasijaringanberbasisGUIdantextdisekolahini.Bahanajaryangtersediahanyamilikpribadiguruatausiswayangberinisiatifmencarisendiriitupunberasaldaribukuyangberbeda-beda.Sedangkangurumenuntutsiswauntukdapatbelajarmandiripadahalbelumtersediabahanajarmandiri(modul)disekolahini.Haltersebutmembuatsiswaharusmencarisendirimateriatauprosedurpraktikumyangakandilakukan.Haltersebutmembuatsiswamerasakesulitandanmerasabelumtuntasdalammempelajarimateriini.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganBorgandGallyangtelahdimodifikasiolehSukmadinata(2013189)menjadi3tahapyaitu(1)StudiPendahuluan(2)PengembanganProduk(3)UjiCobaProduk.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaradanobservasi.Subjekujicobamediainiterdiridariahlipembelajaranahlimateridanpengguna.Produkyangdihasilkanpadapengembanganiniberupamodulcetak.Moduliniterdiridariduaversiyaitumodulpegangangurudanmodulpegangansiswa.Hasilvalidasidanujicobapadamodulpegangansiswamenunjukkanhasil933%dariahlipembelajaran925%dariahlimateri8969%darikelompokkecildan9145%darikelompokbesar.Sedangkanvalidasidanujicobapadamodulpegangangurumenunjukkanhasil93%dariahlipembelajaran924%dariahlimateridan92%daripengguna(guru).BerdasarkankriteriakelayakanmenurutAkbarmodulinidinyatakansangatvalid(dapatdigunakantanparevisi)karenatelahmencapaikriteriakelayakanlebihdari85%.