Pengembangan modul menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI dan text dengan model pembelajaran proyek (PjBL) untuk kelas XI TKJ semester 1 di SMKN 1 Blitar / Dyah Ayu Fladya Rizky

Main Author: Rizky, Dyah Ayu Fladya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/46163/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRizkyDyahAyuFladya.2015.PengembanganmodulmenginstalasisistemoperasijaringanberbasisGUIdantextdenganmodelpembelajaranproyek(PjBL)untuksiswakelasXITKJsemester1diSMKN1Blitar.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihantoS.S.TM.Pd.(II)M.ZainalArifinS.SiM.Kom.KataKunciPengembanganModulPjBLSistemOperasiJaringanBahanajardiSekolahMenengahKejuruan(SMK)bertujuanuntukmembuatsiswalebihmudahdalammemahamisuatuilmupengetahuanyangakanmenunjangpeningkatanketrampilansiswayangakhirnyamenciptakanlulusanyangterampilterdidikprofessionaldandapatmengembangkandirinyasejalandenganperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Bahanajaryangdiharapkanadauntukmencapaitujuantersebutialahbahanajaryangberupamodulpembelajaran.BerdasarkanobservasidiSMKN1BlitaradapermasalahanyaitumasihsangatminimnyabahanajaryangmenunjangpembelajaranmenginstalasisistemoperasijaringanberbasisGUIdantextdisekolahini.Bahanajaryangtersediahanyamilikpribadiguruatausiswayangberinisiatifmencarisendiriitupunberasaldaribukuyangberbeda-beda.Sedangkangurumenuntutsiswauntukdapatbelajarmandiripadahalbelumtersediabahanajarmandiri(modul)disekolahini.Haltersebutmembuatsiswaharusmencarisendirimateriatauprosedurpraktikumyangakandilakukan.Haltersebutmembuatsiswamerasakesulitandanmerasabelumtuntasdalammempelajarimateriini.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganBorgandGallyangtelahdimodifikasiolehSukmadinata(2013189)menjadi3tahapyaitu(1)StudiPendahuluan(2)PengembanganProduk(3)UjiCobaProduk.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaradanobservasi.Subjekujicobamediainiterdiridariahlipembelajaranahlimateridanpengguna.Produkyangdihasilkanpadapengembanganiniberupamodulcetak.Moduliniterdiridariduaversiyaitumodulpegangangurudanmodulpegangansiswa.Hasilvalidasidanujicobapadamodulpegangansiswamenunjukkanhasil933%dariahlipembelajaran925%dariahlimateri8969%darikelompokkecildan9145%darikelompokbesar.Sedangkanvalidasidanujicobapadamodulpegangangurumenunjukkanhasil93%dariahlipembelajaran924%dariahlimateridan92%daripengguna(guru).BerdasarkankriteriakelayakanmenurutAkbarmodulinidinyatakansangatvalid(dapatdigunakantanparevisi)karenatelahmencapaikriteriakelayakanlebihdari85%.