Penerapan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran jaringan dasar kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung / Rosita Ayu Sariningsih
Main Author: | Sariningsih, Rosita Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46153/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariningsihRositaAyu.2016.PenerapanModelCooperativeLearningTipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)padaMataPelajaranJaringanDasarKelasXIuntukMeningkatkanHasilBelajardiSMKNegeri1RejotanganTulungagung.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WahyuSaktiG.I.M.Kom.(2)Drs.SuwasonoM.T.KataKunciJaringanDasarmodelCooperativeLearningtipeSTADhasilbelajarBerdasarkandokumentasifaktayangadasekitar5833%dari36siswamendapatkannilaidibawahKKM.Halinidikarenakanterdapatbeberapamasalah.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXITKJ-3masalahyangmunculdarisiswayaitusiswaseringtidakmemperhatikanpenjelasandarigurudansiswamelakukanhallain.Selainitumasalahyangmunculditinjaudarifasilitasyaituminimnyasaranadanprasarana.BerdasarkanhasilwawancaradengangurupengampumatapelajaranJaringanDasargurutidakmembuatRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP).Guruhanyamenerapkanmetodeceramahdandiskusi.BerdasarkanpermasalahantersebutpenelitimemilihmodelCooperativeLearningTipeSTADdalampenelitianini.Karenadalamtahap-tahapmodelCooperativeLearningTipeSTADbisamengatasisebagianpermasalahanpembelajaranyangada.Dalampenelitianiniadapuntujuanyaitu(1)mendeskripsikanmodelCooperativeLearningTipeSTADpadamatapelajaranJaringanDasardapatmeningkatkanhasilbelajarranahkognitifsiswakelasXITKJ-3diSMKNegeri1RejotanganTulungagungdan(2)mendeskripsikanmodelCooperativeLearningTipeSTADpadamatapelajaranJaringanDasardapatmeningkatkanhasilbelajarranahafektifsiswakelasXITKJ-3diSMKNegeri1RejotanganTulungagungJenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Siklusyangdirancangadalah2siklusdenganmenggunakanmodelKemmisMc.Taggart.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaitu(1)perencanaan(plan)(2)pelaksanaan(act)(3)pengamatan(observe)dan(4)refleksi(reflect).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXITKJ-3SMKNegeri1RejotanganTulungagungyangberjumlah35siswa.Hasilpenelitianyangdiperolehyaitu(1)hasilbelajarranahkognitifdarisiklusI6857%menjadi9143%padasiklusIIdan(2)hasilbelajarranahafektifdarisiklusI8629%menjadi9257%padasiklusII.Dapatdisimpulkanbahwa(1)penerapanmodelCooperativeLearningTipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarranahkognitifsiswadan(2)penerapanmodelCooperativeLearningTipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarranahafektifsiswa.