Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem komputer di kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Malang / Rofiatus Sholikah
Main Author: | Sholikah, Rofiatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46142/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSholikahRofiatus.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaPembelajaranSistemKomputerdiKelasXITKJ1SMKNegeri2Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Drs.PugerHonggowiyonoM.T(ii)M.ZainalArifinS.SiM.Kom.KatakunciModelpembelajarankooperatifThinkPairSharehasilbelajarpenelitiantindakankelasPerancanganyangmatangsebelummelakukantahapan-tahapandalampembelajaranmerupakanhalyangsangatpenting.Apabilasalahsatutahapandalampenerapanmodelpembelajarantidakdilakukanmakaakanmempengaruhihasilbelajarsiswa.Halinisepertilatarbelakangyangpenelititemukandilapangan.Adapunpermasalahanyangterdapatdalamkelastersebutadalahsebanyak2siswaterlihattidaksemangatdalamkegiatanpembelajaransebanyak19siswaterlihatkurangantusiasketikagurupanjanglebarmenjelaskanmaterisebanyak7siswaterlihatmalas-malasandalammendengarkandanmencatatpenjelasanmateridariguruakibattidakadanyabahanajaryangmendukungselainitusebanyak5siswatidakterlibatdalamdiskusi.Penyebabkurangberhasilnyakegiatanpembelajaransistemkomputerdikelastersebutakibatdariguruyangtidakmemahamilangkah-langkahmodelpembelajaranThinkPairShareyangseharusnyaThinkPairSharemerupakanactivelearningmenjadipembelajaranteacheroriented(satuarah)yangmonotondengankegiatanceramahdanhapalanpadasiswamakauntukmengatasinyadiperlukanperbaikanpenerapanmodelpembelajaranThinkPairSharedikelasXITKJ1SMKNegeri2Malangsesuaidenganlangkah-langkahyangditetapkan.DenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatifTipeThinkPairSharedenganlangkahyangtepatdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayangterdiridaritigaaspekyaitumampumeningkatkanhasilbelajaraspekkognitifmampumeningkatkanhasilbelajaraspekafektifdanmampumeningkatkanhasilbelajaraspekpsikomotorik.DenganmenggunakanmodelPenelitianTindakanKelasmilikKemmisMcTaggartpenelitimerancangkegiatanpembelajaransebelummenerapkannyadikelasXITKJ1SMKNegeri2malangyangberjumlah31siswa.Akhirdarisikluspenelitianinimemperolehhasilyangmaksimal.Siswamampumemperolehpeningkatanhasilbelajarpadamatapelajaransistemkomputer.Rata-ratahasilbelajarsiswaaspekkognitifyaitusebesar7855disiklusImenjadimaksimalyaitu95disiklusII.Selainhasilbelajaraspekkognitifaspekafektifjugamengalamipeningkatanyaitu8054disiklusImeningkatmenjadi8839disiklusII.HaliniterjadipulapadahasilbelajaraspekpsikomotorikperolehansaatsiklusIsebesar8097disiklusIInilairata-rataaspekpsikomotorikinimencapai9032.SiklusdihentikanketikaseluruhsiswaberhasilmencapaiKKMdanmasing-masingsiswamengalamipeningkatanhasilbelajar.