Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran Perakitan Komputer pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Selly Aresta Fitriana

Main Author: Fitriana, Selly Aresta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/46119/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitrianaSellyAriesta.2015.PerbedaanHasilBelajarMenggunakanModelPembelajaranProjectBasedLearningdanModelPembelajaranJigsawMataPelajaranPerakitanKomputerpadaSiswaKelasXTKJdiSMKNegeri12Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd(II)Drs.HariPutranto.KataKunciHasilBelajarProjectBasedLearningJigsawDalammeningkatkanhasilbelajarsiswaseoranggurudituntutuntukmenguasaidanmenerapkanberbagaimetodepengajaran.Dalamprosespembelajaranmasihseringditemuiadanyakecenderunganmeminimalkanketerlibatansiswa.Dominasigurudalamprosespembelajaranmenyebabkankecenderungansiswalebihbersifatpasifsehinggasiswalebihbanyakmenunggusajiangurudaripadamencaridanmenemukansendiripengetahuansikapatauketerampilanyangdibutuhkansiswa.PenelitianinidiakukanuntukmemperolehgambarantentangpeningkatanhasilbelajarsiswadanuntukmembandingkanperbedaanhasilbelajarantarasiswayangmenggunakanmodelpembelajaranProjectBasedLearning(PjBL)denganhasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranJigsaw.RancanganpenelitiandenganmetodeeksperimeninimenggunakanbentukPretest-PostestControlGroupDesignyangmelibatkankelompokeksperimendankelompokkontrol.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXjurusanTKJSMKN12Malangtahunajaran2015/2016dansampelnyaadalah62siswayangterbagidalam2kelasyaitukelasXTKJ-1danXTKJ-2.KelaseksperimendalampenelitianiniadalahkelasyangdiperlakukanmenggunakanmodelpembelajaranProjectBasedLearning(PjBL)dankelaskontroladalahkelasyangdiperlakukanmenggunakanmodelpembelajaranJigsaw.Keduakelastersebutdiberisoalpretestdanpostestdengansoalyangsamapadakeduamateritersebut.Hasilpenelitianeksperimeninimenunjukkanadanyaperbedaanantarahasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrol.Halinidapatdilihatdarirata-ratahasilbelajarsiswayangdiperolehrata-ratahasilbelajarkelaseksperimenpertemuanpertamaadalah761danpertemuankeduaadalah806sedangkanrata-ratahasilbelajarkelaskontrolpertemuanpertamaadalah744danpertemuankeduaadalah745.Rata-ratanilaihasilbelajarkeduakelastersebutmenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.