Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran Perakitan Komputer pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Selly Aresta Fitriana
Main Author: | Fitriana, Selly Aresta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46119/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianaSellyAriesta.2015.PerbedaanHasilBelajarMenggunakanModelPembelajaranProjectBasedLearningdanModelPembelajaranJigsawMataPelajaranPerakitanKomputerpadaSiswaKelasXTKJdiSMKNegeri12Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd(II)Drs.HariPutranto.KataKunciHasilBelajarProjectBasedLearningJigsawDalammeningkatkanhasilbelajarsiswaseoranggurudituntutuntukmenguasaidanmenerapkanberbagaimetodepengajaran.Dalamprosespembelajaranmasihseringditemuiadanyakecenderunganmeminimalkanketerlibatansiswa.Dominasigurudalamprosespembelajaranmenyebabkankecenderungansiswalebihbersifatpasifsehinggasiswalebihbanyakmenunggusajiangurudaripadamencaridanmenemukansendiripengetahuansikapatauketerampilanyangdibutuhkansiswa.PenelitianinidiakukanuntukmemperolehgambarantentangpeningkatanhasilbelajarsiswadanuntukmembandingkanperbedaanhasilbelajarantarasiswayangmenggunakanmodelpembelajaranProjectBasedLearning(PjBL)denganhasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranJigsaw.RancanganpenelitiandenganmetodeeksperimeninimenggunakanbentukPretest-PostestControlGroupDesignyangmelibatkankelompokeksperimendankelompokkontrol.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXjurusanTKJSMKN12Malangtahunajaran2015/2016dansampelnyaadalah62siswayangterbagidalam2kelasyaitukelasXTKJ-1danXTKJ-2.KelaseksperimendalampenelitianiniadalahkelasyangdiperlakukanmenggunakanmodelpembelajaranProjectBasedLearning(PjBL)dankelaskontroladalahkelasyangdiperlakukanmenggunakanmodelpembelajaranJigsaw.Keduakelastersebutdiberisoalpretestdanpostestdengansoalyangsamapadakeduamateritersebut.Hasilpenelitianeksperimeninimenunjukkanadanyaperbedaanantarahasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrol.Halinidapatdilihatdarirata-ratahasilbelajarsiswayangdiperolehrata-ratahasilbelajarkelaseksperimenpertemuanpertamaadalah761danpertemuankeduaadalah806sedangkanrata-ratahasilbelajarkelaskontrolpertemuanpertamaadalah744danpertemuankeduaadalah745.Rata-ratanilaihasilbelajarkeduakelastersebutmenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.