Pengaruh lingkungan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK negeri se Kabupaten Pasuruan / Junizar Fanny Riki Asri

Main Author: Asri, Junizar Fanny Riki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/46104/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAsriJunizarFannyRiki.2015.PengaruhLingkunganBelajardanGayaBelajarTerhadapPrestasiBelajarSiswaKelasXIJurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegeriSe-KabupatenPasuruan.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(II)DyahLestariS.T.M.Eng.KataKunciLingkunganBelajarGayaBelajarPrestasiBelajarDewasainiprestasibelajarsiswamenjadiukuranbagikeberhasilanbelajaryangtelahditempuholehsiswa.Tingkatkeberhasilansiswaditinjaudariseberapatinggisiswatersebutdapatmeraihprestasidalambelajarnya.Banyakfaktoryangdapatmempengaruhidanmenimbulkankesulitanbelajarbagisiswajikatidakmencukupipemenuhannyayangpadaakhirnyamenghambatdanmempengaruhipencapaianprestasibelajar.PenelitianinidilatarbelakangiolehpermasalahanperbedaanlingkunganbelajardibeberapasekolahyangmenjaditempatpenelitiansertaadanyaperbedaanprosesbelajardibeberapasekolahtersebutyangpadaakhirnyamenimbulkanperbedaantingkatprestasibelajarsiswajurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegerise-KabupatenPasuruan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiadanyapengaruhantaralingkunganbelajar(X1)denganprestasibelajarsiswa(Y)(2)mengetahuiadanyapengaruhantaragayabelajar(X2)denganprestasibelajarsiswa(Y)(3)mengetahuiadanyapengaruhsecarasimultanantaralingkunganbelajar(X1)dangayabelajar(X2)terhadapprestasibelajarsiswa(Y).PenelitianinidilakukanpadasiswakelasXIjurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegerise-KabupatenPasuruantahunajaran2014/2015.Penelitianiniadalahmodelpenelitiankuantitatifasosiatifdanpengambilandatanyamenggunakanmetodeangketdandokumentasi.SubjekpenelitianiniadalahkelasXIjurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegerise-KabupatenPasuruansebanyak6sekolahdanjumlahkeseluruhan16kelasdengantotal569siswakemudiandaripopulasiiniakandiambilbeberapasiswauntukdijadikansampeldenganmenggunakanteknikPurposiveRandomSampling.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdeskriptifujiprasyaratanalisisanalisishipotesisdansumbanganprediktor.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhyangpositifdansignifikanantaralingkunganbelajarterhadapprestasibelajarsiswasiswakelasXIjurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegerise-KabupatenPasuruandengansumbanganefektifsebesar38.97%.(2)terdapatpengaruhyangpositifdansignifikanantaragayabelajarterhadapprestasibelajarsiswasiswakelasXIjurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegerise-KabupatenPasuruandengansumbanganefektifsebesar23.33%.(3)terdapatpengaruhyangpositifdansignifikansecarasimultanantaralingkunganbelajardangayabelajarterhadapprestasibelajarsiswasiswakelasXIjurusanTeknikKomputerdanJaringandiSMKNegerise-KabupatenPasuruansebesar62.3%.