Pengembangan aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Jaringan Dasar untuk siswa SMK TKJ kelas X / Achmad Khumaini
Main Author: | Khumaini, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46065/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhumainiAchmad.2015.PengembanganAplikasiMediaPembelajaranBerbasisAndroidPadaMataPelajaranJaringanDasarUntukSiswaSmkTkjKelasX.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.(2)MuhammadJauharulFuadyS.T.M.T.KatakuncipengembanganmediapembelajaranjaringandasarSMKPenerapankurikulumsaatiniyaitukurikulum2013yangbelumdisertaidengantersedianyamediapembelajaransebagaipenunjangprosespembelajarandiSMKkhususnyadimatapelajaranjaringandasarkelasXprogramkeahlianTKJ.Dalamkurikulum2013siswalebihdituntutuntukaktifkreatifdaninovatifdalamsetiappemecahanmasalahyangdihadapidisekolah.Kurikulum2013jugamenegaskangurubukansatu-satunyasumberinformasimelainkanberperansebagaifasilitatordinamisatordanmotivatordalampembelajaran.Penentuannilaibagisiswabukanhanyadidapatdarinilaiujiansajatetapijugadidapatdarinilaikesopananreligisikapdanlainlainstandarpenilaianmengarahpadapenilaianberbasiskompetensisepertisikapketrampilandanpengetahuansecaraproporsional.HasilobservasidanpengamatanyangdilakukanpenulisditigaSMKyangadadiMalangRayayaituSMKN6MalangSMK10MalangdanSMKN2Singosaripenulismenemukanbahwabelumtersedianyamediapembelajaranmobilelearningsebagaipenunjangkegiatanbelajar.Penulisjugamenemukanbahwa856%dari125siswakelasXITKJSMKyangmenjadiobjekobservasimengalamikesulitandalammemahamimateriProtokolJaringankhususnyatentangpengalamatanIPpadamatapelajaranjaringandasar.ModelpengembanganmediapembelajaranyangakandikembangkanpadapenelitianinimerujukpadamodelpengembanganSadimanyangterdiridaribeberapatahapanyakni(1)Identifikasikebutuhan(2)Perumusantujuan(3)Perumusanbutirbutirmateri(4)Perumusanalarpengukurkeberhasilan(5)Penulisannaskahmedia(6)Tes/ujicoba(7)Revisidan(8)Mediasiapproduksi(Sadiman2009).Berdasarkananalisisdatahasilpenelitianyangtelahdilakukanmakadidapatkanhasilpersentasedariahlimediasebesar8676%ahlimaterisebesar8421%ujicobakelompokkecilsebesar8771%danujicobakelompokbesarsebesar8865%.Sehinggadidapatkanhasilrata-ratasebesar8683%dengankelayakansangatvaliddaribatasminimalpersentasevaliditas7501%.Darianalisisdatadapatdisimpulkanbahwaaplikasimediapembelajaraninidapatdigunakansebagaimediabelajarsiswamandiriataupunsuplemenpembelajarandikelas.