Pengembangan aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Jaringan Dasar untuk siswa SMK TKJ kelas X / Achmad Khumaini

Main Author: Khumaini, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/46065/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhumainiAchmad.2015.PengembanganAplikasiMediaPembelajaranBerbasisAndroidPadaMataPelajaranJaringanDasarUntukSiswaSmkTkjKelasX.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.(2)MuhammadJauharulFuadyS.T.M.T.KatakuncipengembanganmediapembelajaranjaringandasarSMKPenerapankurikulumsaatiniyaitukurikulum2013yangbelumdisertaidengantersedianyamediapembelajaransebagaipenunjangprosespembelajarandiSMKkhususnyadimatapelajaranjaringandasarkelasXprogramkeahlianTKJ.Dalamkurikulum2013siswalebihdituntutuntukaktifkreatifdaninovatifdalamsetiappemecahanmasalahyangdihadapidisekolah.Kurikulum2013jugamenegaskangurubukansatu-satunyasumberinformasimelainkanberperansebagaifasilitatordinamisatordanmotivatordalampembelajaran.Penentuannilaibagisiswabukanhanyadidapatdarinilaiujiansajatetapijugadidapatdarinilaikesopananreligisikapdanlainlainstandarpenilaianmengarahpadapenilaianberbasiskompetensisepertisikapketrampilandanpengetahuansecaraproporsional.HasilobservasidanpengamatanyangdilakukanpenulisditigaSMKyangadadiMalangRayayaituSMKN6MalangSMK10MalangdanSMKN2Singosaripenulismenemukanbahwabelumtersedianyamediapembelajaranmobilelearningsebagaipenunjangkegiatanbelajar.Penulisjugamenemukanbahwa856%dari125siswakelasXITKJSMKyangmenjadiobjekobservasimengalamikesulitandalammemahamimateriProtokolJaringankhususnyatentangpengalamatanIPpadamatapelajaranjaringandasar.ModelpengembanganmediapembelajaranyangakandikembangkanpadapenelitianinimerujukpadamodelpengembanganSadimanyangterdiridaribeberapatahapanyakni(1)Identifikasikebutuhan(2)Perumusantujuan(3)Perumusanbutirbutirmateri(4)Perumusanalarpengukurkeberhasilan(5)Penulisannaskahmedia(6)Tes/ujicoba(7)Revisidan(8)Mediasiapproduksi(Sadiman2009).Berdasarkananalisisdatahasilpenelitianyangtelahdilakukanmakadidapatkanhasilpersentasedariahlimediasebesar8676%ahlimaterisebesar8421%ujicobakelompokkecilsebesar8771%danujicobakelompokbesarsebesar8865%.Sehinggadidapatkanhasilrata-ratasebesar8683%dengankelayakansangatvaliddaribatasminimalpersentasevaliditas7501%.Darianalisisdatadapatdisimpulkanbahwaaplikasimediapembelajaraninidapatdigunakansebagaimediabelajarsiswamandiriataupunsuplemenpembelajarandikelas.