Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran basis data siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari / Risa Ridhowati Mahanani

Main Author: Mahanani, Risa Ridhowati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/46049/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMahananiRisaRidhowati.2015.PenerapanModelPembelajaranLangsung(DirectInstruction)untukMeningkatkanHasilBelajarpadaMataPelajaranBasisDataSiswaKelasXIRPL1DiSMKN2Singosari.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WahyuSaktiGunawanIriantoM.Kom.(II)MuhammadJauharulFuadyS.T.M.T.KataKunciModelPembelajaranLangsung(DirectInstruction)HasilBelajarBasisData.Pendidikanmerupakansalahsatukebutuhanpentingbagiumatmanusiauntukmenjadisumberdayamanusiayangberkualitas.SaatinipendidikandiIndonesiasudahmenerapkanKurikulum2013tidakterkecualidiSMK.SalahsatuSMKyangmenerapkannyayaituSMKN2Singosari.BerdasarkanhasilwawancaradanobservasisaatPPLditemukanbeberapamasalah.BeberapamasalahnyayaituGurukurangterstrukturdankurangdisiplinwaktudalammelaksanakankegiatanbelajarmengajarsertasiswakurangdisiplindanbertanggungjawabdalammengerjakantugasyangdiberikan.Keduafaktortersebutmempengaruhihasilketuntasansiswa.Dari31siswaterdapat12siswayangnilainyatidakmemenuhistandarkompetensiminimalyaitu75.Pemecahanuntukmasalahtersebutadalahgurudisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranlangsung(DirectInstruction).Modelpembelajaranlangsungmerupakansebuahmetodepembelajaranyangdalampenerapannyaterdapatbeberapafasesetiapfasenyamemudahkangurudalammemberikanpenjelasanmaterimaupunprakteksecaraterstruktur.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranBasisDatasiswakelasXIRPLSMKN2Singosari.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakanmetodedeskriptifkuantitatifdankualitatif.JenisPTKyangditerapkanadalahmodelKurtLewinyangmemiliki4tahaptiapsatusiklus.Pengumpulandatapadapenilitianinimenggunakanteknikobservasidokumentasitesdancatatanlapangan.Berdasarkananalisisdatahasilpenelitianyangmenerapkanmodelpembelajaranlangsungmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatdariranahsikappengetahuandanketerampilan.Tiapsiklushasilbelajarsiswamengalamiperubahanyangbersifatmeningkat.Padaranahsikapdanketerampilannilaiketuntasanmencapai80%danpadaranahpengetahuannilaiketuntasanmencapai90%.DariuraiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranlangsungdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranBasisDatasiswakelasXISMKN2Singosari.