Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran basis data siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari / Risa Ridhowati Mahanani
Main Author: | Mahanani, Risa Ridhowati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46049/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMahananiRisaRidhowati.2015.PenerapanModelPembelajaranLangsung(DirectInstruction)untukMeningkatkanHasilBelajarpadaMataPelajaranBasisDataSiswaKelasXIRPL1DiSMKN2Singosari.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WahyuSaktiGunawanIriantoM.Kom.(II)MuhammadJauharulFuadyS.T.M.T.KataKunciModelPembelajaranLangsung(DirectInstruction)HasilBelajarBasisData.Pendidikanmerupakansalahsatukebutuhanpentingbagiumatmanusiauntukmenjadisumberdayamanusiayangberkualitas.SaatinipendidikandiIndonesiasudahmenerapkanKurikulum2013tidakterkecualidiSMK.SalahsatuSMKyangmenerapkannyayaituSMKN2Singosari.BerdasarkanhasilwawancaradanobservasisaatPPLditemukanbeberapamasalah.BeberapamasalahnyayaituGurukurangterstrukturdankurangdisiplinwaktudalammelaksanakankegiatanbelajarmengajarsertasiswakurangdisiplindanbertanggungjawabdalammengerjakantugasyangdiberikan.Keduafaktortersebutmempengaruhihasilketuntasansiswa.Dari31siswaterdapat12siswayangnilainyatidakmemenuhistandarkompetensiminimalyaitu75.Pemecahanuntukmasalahtersebutadalahgurudisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranlangsung(DirectInstruction).Modelpembelajaranlangsungmerupakansebuahmetodepembelajaranyangdalampenerapannyaterdapatbeberapafasesetiapfasenyamemudahkangurudalammemberikanpenjelasanmaterimaupunprakteksecaraterstruktur.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranBasisDatasiswakelasXIRPLSMKN2Singosari.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakanmetodedeskriptifkuantitatifdankualitatif.JenisPTKyangditerapkanadalahmodelKurtLewinyangmemiliki4tahaptiapsatusiklus.Pengumpulandatapadapenilitianinimenggunakanteknikobservasidokumentasitesdancatatanlapangan.Berdasarkananalisisdatahasilpenelitianyangmenerapkanmodelpembelajaranlangsungmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatdariranahsikappengetahuandanketerampilan.Tiapsiklushasilbelajarsiswamengalamiperubahanyangbersifatmeningkat.Padaranahsikapdanketerampilannilaiketuntasanmencapai80%danpadaranahpengetahuannilaiketuntasanmencapai90%.DariuraiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranlangsungdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranBasisDatasiswakelasXISMKN2Singosari.