Pengembangan media pembelajaran menggunakan model project based learning pada pata pelajaran Desain Multimedia kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Zufida Kharirotul Umma
Main Author: | Umma, Zufida Kharirotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46042/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUmmaZufidaKharirotul.2015.PengembanganMediaPembelajaranMenggunakanModelProjectBasedLearningPadaMataPelajaranDesainMultimediaKelasXIProgramKeahlianMultimediadiSMKNegeri12Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(2)DilaUmniaSorayaS.Pd.M.Pd.KataKunciPembelajaranSMKMediaPembelajaranFlashProjectBasedLearningDesainMultimediaMatapelajaranDesainMultimediamerupakansalahsatumatapelajaranmendasardanberkaitanpentingdenganmatapelajaranlainpadakelasXIProgramKeahlianMultimediadiSMKNegeri12Malang.SMKNegeri12MalangmenerapkanmatapelajaranDesainMultimediadenganmodelpembelajaranproyektanpalangkah-langkahpembelajarankhusus.SelainitusiswabelummemahamisecarabenarteoripadakompetensidasarTeoriWarnadanDesaindalammatapelajaranDesainMultimedia.Siswahanyamemperolehmateridarigurutanpamediapendampingbelajarsehinggasiswakesulitandalammemahamimateridanseringmengerjakantugasproyekhanyasesuaikeinginan.GurujugamemerlukanmediapembelajaranyangmendukungdansesuaidenganmatapelajaranDesainMultimediasehinggaprosesbelajarmengajarmenjadilebihmudahdanmenarik.OlehkarenaitumediapembelajaranflashuntukmatapelajaranDesainMultimediadenganmodelpembelajaranProjectBasedLearningsangatdiperlukansehinggamembantugurudansiswamenciptakansuasanabelajarmengajaryangmudahdanmenarik.PenelitianinibertujuanuntukmerancangmembuatdanmengetahuikelayakanmediapembelajarandenganflashmenggunakanmodelProjectBasedLearninguntukmatapelajaranDesainMultimedia.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakandalampenelitianyaknimodelpengembanganBorgandGall.Langkah-langkahdalammodelpengembanganBorgandGallantaralain(1)penelitiandanpengumpulaninformasi(2)perencanaan(3)pengembanganprodukawal(4)ujicobatahapawal(5)revisiprodukutama(6)ujicobautama(7)revisiprodukoperasional(8)Ujicobaoperasional(9)revisiprodukakhirdan(10)diseminasidanimplementasi.Hasilvalidasiahlimaterimemperolehpersentasekelayakan9352%hasilvalidasipertamaahlimedia7129%hasilvalidasikeduaahlimedia9643%.Hasilujicobaperoranganmemperolehpersentase783%ujicobakelompokkecil873%danujicobakelompokbesar924%.Rata-ratapersentasekelayakansecarakeseluruhanadalah8959%berdasarkankriteriakelayakanmenurutSudjana(1992)secarakeseluruhanprodukmediapembelajarandinyatakanvaliddantanparevisi.