Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Pio Arfianova Fitrizky Islami

Main Author: Islami, Pio Arfianova Fitrizky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/46041/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIslamiPioArfianovaFitrizky.2015.PenerapanModelProblemBasedLearninguntukMeningkatkanKeaktifanSiswadanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranPerakitanKomputerKelasXProgramKeahlianTeknikKomputerJaringandiSMKNegeri10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WahyuSaktiGunawanIriantoM.Kom.(II)YuniRahmawatiS.T.M.T.KataKunciProblemBasedLearningKeaktifanSiswaHasilBelajarPerakitanKomputerPenelitiantindakankelasinidilatarbelakangiolehpermasalahanbelajarsiswapadamatapelajaranperakitankomputerkelasXTKJ3diSMKNegeri10Malangyaitu(1)pembelajaranmasihberpusatpadagurudimanagurumasihmenggunakanmetodeceramahdanpenugasansaatprosespembelajaran(2)siswacenderungpasifdantidakmemilikikeberanianuntukberpendapatataubertanyamengenaimateriyangbelumdipahamisaatmengikutiprosespembelajarandan(3)ketuntasanbelajarsiswapadaaspekpengetahuansiswamatapelajaranperakitankomputermasihrendah.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukanterselesaikandengan2siklusdimanapadasetiapsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatakeaktifansiswadanhasilbelajarsiswamenggunakan(1)wawancara(2)observasi(3)testulisdan(4)tesunjukkerja.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXTKJ3SMKNegeri10Malangyangberjumlah37siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpersentasekeaktifansiswasebesar7452%danmengalamipeningkatanmenjadi8533%padasiklusII.HasilbelajarpadaaspekpengetahuanmengalamipeningkatanhalinidapatdilihatdaripersentaseketuntasanbelajarpadasiklusIsebesar7568%danmeningkatmenjadi9189%.HasilbelajaraspeksikappadasiklusIsebesar8153%meningkatmenjadi8806%.HasilbelajaraspekketerampilanjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar8395%meningkatmenjadi9096%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanProblemBasedLearningdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXTKJ3SMKNegeri10Malangpadamatapelajaranperakitankomputer.