Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI RPL SMKN 2 Singosari / Silvia Wahyuningrum
Main Author: | Wahyuningrum, Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46035/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahynuningrumSilvia.2015.PenerapanModelPembelajaranBerbasisProyekUntukMeningkatkanAktivitasDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPemrogramanDesktopKelasXIRPLSMKN2Singosari.Skripsi.PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WahyuSaktiG.IM.Kom.(II)Drs.HariPutrantoKataKunciModelPembelajaranBerbasisProyekAktivitasSiswaHasilBelajarPemrogramanDesktopBerdasarkanhasilwawancaradanpengamatanselamaPPLdikelasXIRPL1SMKNegeri2SingosarisaatprosespembelajaranberlangsungterdapatbeberapapermasalahanpadamatapelajaranPemrogramanDesktop.SiswamemilikiaktivitasbelajaryangrendahdanhasilbelajaryangtidakmemenuhiKKM.Dari31siswadalamsatukelassiswayangtidakmengamatiapayangdijelaskanolehgurusebanyak57%sebanyak56%siswatidakpernahmengemukakanpendapatketikagurumemberikankesempatanuntukbertanya.Rata-rataaktivitassiswarendahyaitu52%.Sehinggaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswayangkurangoptimalyaitudari31siswa54%siswasebanyak17siswanilainyabelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yaitu75.Untukmengatasimasalahtersebutsolusiyangditawarkanyaitudenganmenerapkanmodelpembelajaranberbasisproyek.ModelPembelajaranBerbasisProyekmerupakanpendekatanpembelajaranyangmembutuhkansuatupembelajarankomperehensifdimanalingkungansiswa(kelas)direncanakanagarsiswadapatmelakukanpenyelidikanterhadapmasalahautentiktermasukpendalamanmaterisuatupembelajarandanmelaksanakantugasbermaknalainnya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPemrogramanDesktop.Jenispenelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanmodelKemmisMcTaggart.Tahapanmodelpembelajaranberbasisproyekterdiridariperencanaanpenciptaandanpenerapan.SubjekpenelitianiniadalahkelasXIRPLdiSMKN2Singosariyangberjumlah31orang.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasitesangketdandokumentasi.HasilPenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranberbasisproyeksiswamemilikirata-rataaktivitassebesar7776padasiklusIdansebesar8395padasiklusII.Hasilbelajarpadaaspekpengetahuanmemilikirata-rata7606padasiklusIdan8519padasiklusIIdenganketuntasan100%.Hasilbelajaraspeksikapmemilikirata-ratasebesar7373padasiklusIdan8310padasiklusII.Hasilbelajaraspekketerampilanmemilikirata-ratasebesar8150padasiklusIdan8824padasiklusII.KesimpulandarihasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranberbasisproyekdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXIRPL1SMKN2Singosari.