Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) dan aspek menyenangkan pada matapelajaran Kompetensi Kejuruan di kelas XII TKJ SMK Baitul Makmur Malang / Novta Dany'el Irawan
Main Author: | Irawan, Novta Dany'el |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46019/ |
Daftar Isi:
- IrawanNovtaDanyel.2013.MeningkatkanKeaktifanDanHasilBelajarSiswaDenganModelPembelajaranPBL(ProjectBasedLearning)danAspekMenyenangkanPadaMatapelajaranKompetensiKejuruandiKelasXIITKJSMKBaitulMakmurMalang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WahyuSaktiG.I.M.Kom.(II)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.KataKunciModelPembelajaranPAIKEMProjectBasedLearningHasilBelajarKeaktifanSiswaWideAreaNetwork.Pembelajarandikatakanberhasildanberkualitasapabilaseluruhnyaatausetidak-tidaknyasebagianbesarpesertadidikterlibatsecaraaktifbaikfisikmentalmaupunsosialdalamprosespembelajarandisampingmenunjukkankegairahanbelajaryangtinggisemangatbelajaryangbesardanrasapercayapadadirisendiri.Berdasarkanhaltersebutdiatasupayagurudalammengembangkankeaktifanbelajarsiswasangatlahpentingsebabkeaktifanbelajarsiswamenjadipenentubagikeberhasilanpembelajaranyangdilaksanakan.BerdasarkanobservasiyangdilakukangurudikelasXIITKJditemuibeberapakondisisebagaiberikut(a)rendahnyajumlahsiswayangtuntasKKM(KriteriaKetuntasanMinimum)padaulangantengahsemestermatapelajaranmelakukaninstalasiperangkatjaringanberbasisluas(WideAreaNetwork)yaituhanya16%darijumlahsiswasebanyak25siswayangtuntasKKMdengannilai75(b)siswakurangaktifdankurangberpartisipasidikelascenderungtidakpernahmengajukanpertanyaandalampembelajaran.Untukmengatasipermasalahantersebutsolusiyangditawarkanadalahmenggunakanmodelpembelajarankolaboratif.SecaraumumpenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXIISMKBaitulMakmurmelaluiimplementasimodelpembelajaranProjectBasedLearning.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangterdiridaritigasiklus.RancanganpenelitianyangdigunakanyaitumodelpengembanganPTKKemmisdanMcTaggartyangdikembangkandariteoriKurtLewin.Padamasing-masingsiklusdilakukantahapperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianmenggunakansiswakelasXIISMKBaitulMakmurMalang(25orangsiswa).Hasilpenelitianyangdiperolehyaitu(1)padasiklus1siklus2siklus3persentasekeaktifansiswatotalsebesar6642%71.82%dan7754%(2)hasilbelajarsiswapadaranahkognitifsiklus1siklus2dansiklus3yaitu56%76%dan100%(3)persentasehasilbelajarsiswaranahafektifpadasiklus1siklus2dansiklus3yaitu78.96%83.44%dan88.00%(4)persentasehasilbelajarsiswaranahpsikomotorikpadasiklus1siklus2dansiklus3yaitu79.60%78.53%dan83.60%(5)persentasehasilproyeksiswamengalamipeningkatandarisiklus1siklus2dansiklus3yaitusebesar6875%8125%dan100%termasukpadakategorisangatbaik.Penelitianinihendaknyaperludilanjutkanuntukmendapatkanhasilyangsempurnanamundalamskripsiinisengajadirancang3siklusmengingatwaktupenelitianygcukupsingkat.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPBL(ProjectBasedLearning)danaspekmenyenangkandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajarankompetensikejuruanpadakelasXIITKJdiSMKBaitulMakmurMalang.