Perbedaan hasil belajar mata pelajaran sistem komputer menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia di SMK Nasional Malang
Main Author: | Prasetyo, Indra Nur Maulana Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46016/ |
Daftar Isi:
- PrasetyoIndraNurMaulanaTri.2015.PerbedaanHasilBelajarMataPelajaranSistemKomputerMenggunakanModelKooperatifTipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)DanModelPembelajaranPBL(ProjectBasedLearning)SiswaKelasXJurusanTeknikKomputerJaringandanMultimediaDiSMKNasionalMalang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatika.JurusanTeknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd(II)DyahLestariS.T.M.Eng.KataKunciKooperatiftipeSTADPBL(ProjectBasedLearning)SistemKomputerHasilBelajarSeiringdenganimplementasikurikulum2013eksistensigurudituntutdandiharapkanmemilikikompetensiyangmultifungsionaldalammengembangkandesainpembelajarannyauntukmenghasilkanpesertadidikyangmumpunibaikdibidangsikappengetahuandanketerampilan.Olehkarenaituuntukpembelajaransiswasesuaidengancaragayabelajarmerekasehinggatujuanpembelajarandapatdicapaidenganoptimaladaberbagaimodelpembelajaran.Salahsatumodeltersebutadalahmodelpembelajaranberbasisproyek(PBL)danmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuihasilbelajarmatapelajaransistemkomputerdenganmenggunakanmodelpembelajaranSTADdanmodelpembelajaranPBL(2)UntukmengetahuiadatidaknyaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarranahsikappengetahuandanketerampilanmatapelajaransistemkomputermenggunakanmodelPBLdanmodelpembelajaranSTAD.Rancanganpenelitianiniadalahpenelitiankomparatifdenganpendekatankuantitatifeksperimentalsemu(quasi)denganvariabelbebasyaknipembelajarandenganmediapembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajarranahsikappengetahuandanketerampilanmatapelajaransistemkomputer.PenelitianinimenggunakanbentukNon-equivalentControlGroupDesign.KelasEksperimenmenggunakanmodelpembelajaranSTADsedangkankelaskontrolmenggunakanmodelpembelajaranPBL.PopulasipenelitiansiswakelasXTKJXMM1XMM2danXRPLtahunajaran2014/2015yangterdiridari104siswa.SampelpadapenelitianiniyaitukelasXTKJsebagaikelaseksperimendankelasXMM1sebagaikelaskontrolsebanyak56siswa.Berdasarkanhasiltersebutdiperolehkesimpulanyaitu(1)terdapatpeningkatanhasilbelajarsiswaranahsikappengetahuandanketerampilandenganmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdanmodelPBL(2)tedapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajarranahsikappengetahuandanketerampilanantaramodelpembelajaranSTADdanmodelPBLpadamatapelajaransistemkomputerpadajurusanTKJdanMMdiSMKNasionalMalang.ModelpembelajaranSTADlebihefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswahaltersebutditunjukkandenganrata-ratahasilbelajarranahsikappengetahuandanketerampilankelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.