Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TKJ dengan pembelajaran Guided Teaching (GT) dan Group Investigation (GI) pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Negeri 2 Malang / Binti Nafsiah
Main Author: | Nafsiah, Binti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/46001/ |
Daftar Isi:
- NafsiahBinti.2014.PerbedaanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXTKJdenganPembelajaranGuidedTeaching(GT)danGroupInvestigation(GI)padaMatapelajaranPerakitanKomputerdiSMKNegeri2Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PugerHonggowiyonoM.T.(II)Drs.HariPutranto.KataKuncimotivasihasilbelajarguidedteachinggroupinvestigationPartisipasisiswadalamprosespembelajaranberawaldarimotivasibelajarsiswadalammengikutikegiatanpembelajaran.Motivasibelajarsiswainiakanmenentukantingkatkeberhasilanbelajaryangberupahasilbelajarsiswa.Berda-sarkanhasilpengamatandiketahuibahwastrategipembelajaranmediapembela-jaransumberbelajarbahanbelajarsuasanabelajarsertagurusebagaisubyekpembelajaranberpengaruhpadakeberhasilanbelajarsiswadalammencapaitujuanpembelajaran.Metodeyangdipiliholehpenelitiadalahmetodeeksperimensemudalambentukpenelitiankuantitatifkomparatif.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahnon-equivalentcontrolgroupdesign.PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXSMKNegeri2Malangtahunajaran2014/2015yangterdiridari2kelasdanberjumlah72siswa.Pengambilansampelmenggunakanteknikprobabi-litysamplingjenisclusterrandomsampling.Instrumenyangdigunakandalampe-nelitianiniadalahsilabusRPPkisi-kisipenilaiantesobjektiflembarobservasiafektifdanpsikomotorkuncijawabanpenskorandanbahanajar.Datayangdipe-rolehdianalisissertadiujidenganstatistikparametrikujitdanujiAnova.Berdasarkanhasilpenelitianyangdilakukanrata-ratahasilbelajarranahkognitifsiswakelaskontrolyangsemula548meningkatmenjadi686sementarapadakelaseksperimenyangsemula424meningkatmenjadi756.Selainitudi-dapatpularata-ratahasilbelajarranahafektifkelaskontrolsebesar853dankelaseksperimen831.Sedangkanrata-ratahasilbelajarpsikomotorkelaskontrolsebe-sar79dankelaseksperimensebesar834.Rata-ratamotivasibelajarkelaskontrolsebesar674dankelaseksperimensebesar644.DarihasilpenelitiantersebutdapatdiketahuibahwatidakadaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarranahkognitifranahafektifranahpsikomotordanmotivasibelajarantarasiswakelasXTKJyangmenggunakanmodelpembelajaranguidedteachingdangroupinvestigationpadamatapelajaranPerakitanKomputerdiSMKNegeri2Malang.SelainitudiketahuipulabahwaadaperbedaanyangsignifikanpadahasilbelajarranahkognitifranahafektifdanranahpsikomotordenganmotivasibelajarantarasiswakelasXTKJyangmenggunakanmodelpem-belajaranguidedteachingdangroupinvestigationpadamatapelajaranPerakitanKomputerdiSMKNegeri2Malang.