Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada matakuliah pemrograman berorientasi objek di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ruth Ema Febrita
Main Author: | Febrita, Ruth Ema |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45933/ |
Daftar Isi:
- FebritaRuthEma.2014.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisWebpadaMataKuliahPemrogramanBerorientasiObyekdiJurusanTeknikElektroUniversitasNegeriMalang.Skripsi.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(II)HeruWahyuHerwantoS.T.M.Kom.KataKuncimediapembelajaranwebpemrogramanberorientasiobyek.PemrogramanberorientasiobyekatauyanglebihseringdikenaldenganistilahObjectOrientedProgramming(OOP)merupakanpendekatanpemrogramanyangsaatinitengahbanyakdigunakanolehparapemrogramuntukmembangunsebuahaplikasi.NamuntidaksedikitparapemrogrampemulamengakukesulitandalammempelajarikonsepOOP.Halinidiperkuatolehhasilsurveyyangdilakukanolehpenelitikepada20mahasiswaprodiS1PendidikanTeknikInformatikaUMyangpernahmengambilmatakuliahPemrogramanBerorientasiObyekdimanahampirsemuarespondenmerasakesulitanmempelajaribeberapakonseppokokdalamOOP.Kurangnyacontoh-contohpenerapanOOPdalampembuatanprogramaplikasisecaranyatasertakurangnyalatihanberupastudikasusdalamprosespembelajarandanmediapembelajaranyangkurangmemadaijugamenjadisalahsatufaktorpenghambatmahasiswauntukmemahamikonsepOOP.RespondenmemerlukanmediapembelajaranyangdapatdiaksessecaraluasdimanapundankapanpunsertabanyakmemaparkancontohpenerapanOOPdalamprogramdandilengkapidengansimulasiilustrasidanvideotutorial.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mengembangkansebuahmediapem-belajaranberbasiswebuntukmatakuliahPemrogramanBerorientasiObyekyangdapatdigunakanolehmahasiswaprogramstudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroUniversitasNegeriMalangdan(2)mengukurtingkatkelayakanmediapembelajaranyangdikembangkan.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.ModelpengembanganyangakandigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembangandariAriefSadimanyangmemilikitahap-tahapsebagaiberikut(1)identifikasikebutuhan(2)perumusantujuan(3)perumusanbutir-butirmateri(4)perumusanpengukurkeberhasilan(5)penulisannaskahmedia(6)ujicobalapangan(7)revisi(8)produksimediasecaraluas.Berdasarkanhasilvalidasiahlimateridanahlimediadiperolehdatakelayakanmediadalamsegimaterisebesar97%dankelayakandalamsegimediasebesar882%.Berdasarkanhasilujicobakelompokkecildiperolehtingkatkelayakanmediasebesar788%danpentingnyapelaksanaanrevisipadadesaintampilanvideosimulasidanbeberapapoinmateriyangdisajikan.Tingkatkelayakanmediaberdasarkanhasilujicobakelompokbesar(ujicobalapangan)menunjukkanhasilsebesar8205%.Berdasarkandatayangdiperolehdapatdisimpulkanbahwamediayangtelahdikembangkanvaliddandapatdigunakansebagaisuplemendalamkegiatanperkuliahan