Perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sistem operasi kelas X TKJ SMKN 4 Malang / Indah Nur Permata Sari
Main Author: | Sari, Indah Nur Permata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45924/ |
Daftar Isi:
- SariIndahNurPermata.2013.PerbedaanModelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)DanPembelajaranThinkPairShare(TPS)TerhadapHasilBelajarSiswaMataPelajaranSistemOperasiKelasXTKJSMKN4Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikInformatika.JurusanteknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(2)TriyannaWidiyaningtyasS.T.M.T.KataKunciHasilBelajarStudentTeamAchievementDivision(STAD)ThinkPairandShare(TPS)SistemOperasi12288122881228812288Dalammenyampaikanmateripelajaranguruharusbisamembuatsiswamemahamimateriyangdiberikannamunmasihbanyakdijumpaikegiatanpembelajaranyangkurangoptimal.Selamainigurumasihmenyampaikanmateripembelajaransecaralangsungsedangkansiswajugatidakdiberiwawasanlainselainmateriyangdisampaikanolehgurusehinggapeningkatanhasilbelajarkurangmaksimal.Menyimakpermasalahaniniguruharusmenentukanmetodepembelajaranyangsesuaidengankondisidansituasikenyataanbahwasiswamemilikikemampuanyangheterogen.Denganmenyesuaikankeadaanlingkungan(posisitempatduduk)danpermasalahanyangadasertamodelpembelajaranyangmemilikikarakteristikyangtidakjauhberbedapenelitimemilihmenggunakandanmembandingkanmodelpembelajaranSTADdanTPS.SehingganantinyadapatdiukurperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranSTADdanTPS.12288122881228812288JenispenelitianiniadalahKuantitatifkomparatifyangmenggunakanrancanganeksperimenpretest-posttest.PenelitianinidilakukandiSMKN4MalangdengansampelkelasXprogramkeahlianTeknikKomputerdanJaringan(TKJ)denganmenggunakantekniknonrobabilitysamplingpurposive.VariablepenelitianadalahsiswakelasXTKJBsebagaikelaskontroldenganmenggunakanmodelpembelajaranTPSdankelasXTKJCsebagaikelaseksperimendenganmenggunakanmodelpembelajaranSTAD.Instrumenpenelitianiniadalahinstrumenpembelajarandanpengukuran.Metodepengumpulandatamenggunakantesdanobservasi.12288122881228812288Analisisdatamenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswapadamatapelajaransistemoperasinilaikognitifdanpsikomotoriksiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolTPSyaitu82147419dan83047538denganSig.(2-tailed)yangmenunjukkanterdapatperbedaanterhadaphasilbelajarmenggunakanmodelpembelajaranSTADdanTPS.Sedangkannilaiafektifsiswakelaseksperimenlebihrendahdaripadakelaskontrolyaitu87729099.12288122881228812288KesimpulandarihasilpenelitianiniadalahpemahamansiswaTKJlebihtinggidenganmenerapkanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)daripadamodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)padapelajaranSistemOperasimateriperhitunganpenjadwalanCPUdiSMKN4Malang.