Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan tutor sebaya pada pelajaran basis data terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar siswa di kelas XI SMK Negeri 3 Pamekasan / Mailan Riscawati

Main Author: Riscawati, Mailan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/45915/
Daftar Isi:
  • RiscawatiMailan.2013.PengaruhPenerapanPembelajaranKooperatifTipeJigsawdenganBantuanTutorSebayapadaPelajaranBasisDataTerhadapKeaktifanSiswadanHasilBelajarSiswadiKelasXISMKNegeri3Pamekasan.Skripsi.ProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatika.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Ir.H.SyaadPatmantharaM.Pd.(2)IMadeWirawanS.T.M.T.KataKunciPembelajaranModelJigsawTutorSebayaKeaktifanHasilBelajarBasisData.Pembelajarandikelassiswamasihmerasakankesulitandalammemahamimateritidakmenggunakanmediapendukungdalamprosespembelajaransepertihandoutmodulmateriajardansebagainyadanteknikbelajarsiswacenderungmenghafaldanberpusatpadagurusertamodelpembelajaranyangdigunakanolehguruyaitumetodeceramah.HalinitentunyadapatmengurangikeaktifansiswadanhasilbelajarsiswadibawahSKM(StandartKetuntasanMinimal).Olehsebabitudiperlukanpembelajarankooperatiftipejigsawdenganbantuantutorsebayauntukmeningkatkankeaktifansiswadanhasilbelajar.Pembelajarankooperatiftipejigsawdenganbantuantutorsebayamerupakanmodelpembelajarankooperatifyangmenerapkanpembagiankelompoksiswadanmelibatkansiswasecarakeseluruhandalamprosespembelajaranyangkemudianpembelajarannyadibantudengantemansebaya.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeaktifansiswadanhasilbelajarsiswapadapelajaranbasisdata.DesainpenelitianyangdigunakanadalahTrueExperimentalDesigndenganbentukPretest-PosttestControlGroupDesign.SampelyangdigunakanadalahkelasRPL-1sebagaikelompokeksperimendankelasRPL-2sebagaikelompokkontrol.InstrumenyangdigunakanyaituinstrumenperlakuanyangterdiridarisilabusRPPhandoutkisi-kisisoallembarevaluasilembarkerjasiswadaninstrumenpengukuranterdiridarilembarobservasiketerlaksanaanaktivitasgurudansiswa.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswadenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipejigsawdenganbantuantutorsebayatelahterjadipeningkatanhasilbelajarhalinidapatdilihatpadanilaikemampuanawalsiswadengannilairata-ratasebesar52setelahdiadakanperlakuannilairata-ratanyamenjadisebesar86sedangkanhasilbelajarmenggunakanpembelajaranceramahhanya74darikemampuanawal43(2)keaktifansiswadenganmenggunakanpembelajarankooperatiftipejigsawdenganbantuantutorsebayalebihtinggidaripadamenggunakanpembelajaranceramah(3)keterlaksanaanaktivitasgurudansiswadapatterlaksanandenganbaikdalampenerapanpembelajarankooperatiftipejigsawdenganbantuantutorsebaya.PenelitianinimenyimpulkanbahwapembelajarankooperatiftipejigsawdenganbantuantutorsebayadapatmeningkatkankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswapadakompetensidasarDataFlowDiagramdanEntityRelationshipDiagram.