Kajian pelaksanaan Blended Learning pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 1 Baureno Bojonegoro / Aries Alfian Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Aries Alfian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45898/ |
Daftar Isi:
- PrasetyoAriesAlfian.2013.KajianPelaksanaanBlendedLearningPadaProgramKeahlianTeknikKomputerJaringan(TKJ)diSMKNegeri1BaurenoBojonegoro.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SetiadiC.P.M.Pd.M.T.Pembimbing(II)IMadeWirawanS.T.S.S.T.M.T.KataKunciblendedlearningsaranaprasaranaketerampilangurumateridanaplikasiTKJBlendedlearningadalahpembelajaranyangmengkombinasikanstrategipenyampaianpembelajaranmenggunakankegiatantatapmukapembelajaranberbasiskomputer(offline)dankomputersecaraonline(internetdanmobilelearning).Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiskripsikanfaktor-faktorpendukungdanpenghambatdidalampelaksanaanblendedlearningpadasiswaprogramkeahlianteknikkomputerdanjaringan(TKJ)dan(2)mendiskripsikantingkatketerlaksanaanblendedlearningpadasiswaprogramkeahlianTKJ.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpendekatankuantitatif.ObjekdalampenelitianiniadalahpelaksanaanblendedlearningProgramKeahlianTKJdiSMKNegeri1BaurenoBojonegoro.Subjekyangakanditelitimeliputigurusaranaprasaranamateridanaplikasidansiswadalamprosespelaksanaanblendedlearning.Pengumpulandatamenggunakanlembarobservasiangketdanwawancara.Datadianalisismenggunakananalisispersentasedanpengklasifikasianuntukmembuatkeputusanterkaitdenganketerlaksanaanblendedlearning.HasilpenelitianmenunjukanbahwapelaksanaanblendedlearningdiSMKNegeri1BaurenopadaProgramKeahlianTKJtelahberjalandengantingkatketerlaksanaansangatbaik.Berdasarkandatayangdiperolehmenunjukkan(1)faktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanblendedlearningyangterdiridaria)saranaprasaranatelahtersediadandapatdimanfaatkandengankategoritingkatketersediaanbaikb)keterampilangurudalammengeloladanmelakukanblendedlearningdengankategoritingkatketerampilangurusangatbaikc)materidanaplikasitelahtersediadengankategoritingkatketersediaanmateridanaplikasibaikdan(2)keterlaksanaanblendedlearningdaridataprosespelaksanaanblendedlearningyangdidapatdariwawancaradengansiswapelaksanaanblendedlearningtelahberjalandenganbaik.SehinggaketerlaksanaanblendedlearningberdasarkanhasiltersebutmenunjukanbahwatingkatketerlaksanaanblendedlearningpadaProgramKeahlianTKJdiSMKNegeri1Baurenotelahberjalandengansangatbaik.