Pengembangan media pembelajaran virtual laboratory praktikum grafika komputer pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika / Ighfir Rijal Taufiqy

Main Author: Taufiqy, Ighfir Rijal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/45888/
Daftar Isi:
  • RijalTaufiqyIghfir.2013.PengembanganMediaPembelajaranVirtualLaboratoryPraktikumGrafikaKomputerpadaProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatika.SkripsiPendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)HeruWahyuHerwantoS.T.M.Kom.(2)IMadeWirawanS.T.M.T.KataKuncipengembanganmediapembelajaranvirtuallaboratorypraktikumgrafikakomputer.PraktikumGrafikaKomputermerupakansalahsatumatakuliahyangwajibdikuasaiolehmahasiswaProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikInformatikaUniversitasNegeriMalang.AdabeberapakompetensiyangharusdicapaiolehmahasiswadalamperkuliahanPraktikumGrafikaKomputerdiantaranyaadalahmembuatobjekprimitifdanmembuatfungsiuntukbangunduadimensi.Padamateriobjekprimitifiniterdapatsub-materimenggambarbidangdenganmenggunakanfungsiOpenGLdanGLUT.HasilobservasimenunjukkanbahwamateripembelajarandirasasangatsulitolehmahasiswadalammemahamisourcecodefungsidankoordinatvertexkarenaterdapatpenggambaranbidangdenganmenggunakanfungsiOpenGLdanGLUT.Selainitumediapenunjangberupajobsheetyangdigunakanselamainibelummampusecaraoptimalmemberikanpanduanpraktikumdalammateripembelajaran.BerdasarkanlatarbelakangtersebutmakapengembanganmediapembelajaranvirtuallaboratoryPraktikumGrafikaKomputersebagaisatusolusiyangdapatdigunakanolehmahasiswadalamprosespembelajaran.ModelpengembanganuntukmengembangkanmediapembelajaranvirtuallaboratoryPraktikumGrafikaKomputermengadaptasidarimodelpengembanganSadiman.Tahap-tahapdarimodelpengembanganSadimanantaralain(1)identifikasikebutuhan(2)perumusantujuan(3)perumusanbutir-butirmateri(4)perumusanalatpengukurkeberhasilan(5)penulisannaskahmedia(6)tes/ujicoba(7)naskahsiapdiproduksi.SubjekujicobadalampengembanganyaituahlimateridanahlimediasertamahasiswaS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangangkatan2011denganmenggunakaninstrumenpengumpulandataberupakuesionerratingscaleyangkemudiandiolahdalambentukpersentasemenggunakanrumuspersentasemenurutArikunto.Berdasarkananalisisdatayangdilakukanmakadidapatkanhasilpersentasedariahlimediasebesar89%ahlimaterisebesar93%ujicobakelompokkecilsebesar81%danujicobalapangansebesar90%.Sehinggadidapatkanhasilrata-ratasebesar8825%denganinterpretasikelayakanvaliddaribatasminimalpersentasevaliditas76%.DarianalisisdatadapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranvirtuallaboratoryPraktikumGrafikaKomputersecarakeseluruhandinyatakanlayak/valid.Mediadapatdigunakansebagaimediabelajarmahasiswasecaramandiriataupunsuplemenpembelajarandikelas.