Penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMA Negeri 2 Pamekasan / Fety Ayu Puspita Ningtiyas
Main Author: | Ningtiyas, Fety Ayu Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45876/ |
Daftar Isi:
- NingtiyasFetyAyuPuspita.2013.PenerapanMetodePembelajaranTeamsGamesTurnament(TGT)UntukMeningkatkanMinatdanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranTIKKelasXIdiSMANegeri2Pamekasan.SkiripsiJurusanTeknikElektroProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DwiPrihantoS.S.T.M.Pd.(2)SujitoS.T.M.T.KataKunciTeamsGamesTurnamentMinatBelajarHasilBelajarTIK.12288122881228812288Padadasarnyapendidikanberfungsiuntukmembantusiswadalampengembangandirikearahyanglebihbaik.Untukmenjadipribadiyanglebihbaikperansertagurusangatdiperlukan.Gurumerupakansalahsatukomponenyangberpengaruhdanmemilikiperanpentingsertamerupakankuncipokokbagikeberhasilanpeningkatanmutupendidikan.Selainitumotivasijugamemilikiperanpentingdalammenentukantingkatkeberhasilanbelajarsiswa.BerdasarkanhasilpengamatandanwawancarayangdilakukandenganIbuRittaPrawitasarisebagaiguruTIKdiSMANegeri2Pamekasandiperolehbeberapapermasalahan.Beberapamasalahyangditemukanantaralain1)ketikapelajaranberlangsungbeberapasiswabermaingamesehinggasiswatidakfokuspadapelajaran2)motivasibelajarsiswakuranghaliniditandaidengansikapsiswayangcenderungpasifdalamprosespembelajarandanmasihbanyaksiswayangmenyibukkandirinyadenganbermaingamesaatpelajaranberlangsung3)siswakurangaktifdalamprosespembelajarandan4)beberapaunitkomputerrusaksehinggamengakibatkansiswabergeromboldisatumejadanperhatiansiswamenjadiberkurangterhadappelajaran.12288122881228812288Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MetodeyangdigunakanyaitumetodepembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)yangdilakukandalamtigasiklussubjekdaripenelitianiniadalahsiswa-siswikelasXIIPA6yangberjumlah35orang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswakelasXIIPA6SMANegeriPamekasan.Teknikpengumpulandatamelaluilembarobservasiangketdantesformatif.UntukmengetahuiminatbelajarsiswadiberikanangketsebelumdansesudahpenerapanTGT.Analisisangketminatbelajarmenunjukkanbahwarata-rataminatbelajarsiswamengalamipeningkatandari246dengankriteriakurangberminatmenjadi320dengankriteriaberminat.Sedangkanperolehanskorrata-ratapadahasilbelajarsiswaranahkognitifmeningkatpadasiklusIsebesar803siklusIIsebesar921dansiklusIIIsebesar961.HasilbelajarranahafektifmengalamipeningkatanyaitupadasiklusIsebesar8590%siklusIIsebesar8990%dansiklusIIIsebesar9371%.SedangkanHasilbelajarranahpsikomotorikmengalamipeningkatanyaitupadasiklusIsebesar8571%siklusIIsebesar8968%dansiklusIIIsebesar9238%.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodeTGTdapatmeningkatkanminatbelajarsiswakelasXISMANegeri2PamekasanpadamatapelajaranTIK.