Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada mata pelajaran IPA terpadu bab alat optik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII / Novian Dwi Putra
Main Author: | Putra, Novian Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45871/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranAnimasiIPATerpaduBabAlatOptikKompetensidasarmendeskripsikanalat-alatoptikdanpenerapannyadalamkehidupansehari-harimerupakansalahsatukompetensidasarpadamatapelajaranIPAterpaduyangharusdikuasaiolehSMPkelasVIII.Namuntidaksemuasiswamampumemahamimateridenganmudah.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandiSMPNegeri2TekungKabupatenLumajang70%siswatidakluluspadakompetensidasartersebutdanharusmelakukanremidial.DiSMPNegeri2TekungKabupatenLumajangguruhanyamenggunakanmetodeceramahuntukmenjelaskanmaterimengenaialatoptik.Selainituuntukmenjelaskandiagramsinarpembetukanbayangandancarakerjaalatoptikgurumenjelaskandenganmenggambardipapantulis.Halinimembutuhkanwaktuyanglamasedangkanwaktupembelajaransangatterbatas.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisanimasipadamatapelajaranIPAterpadukompetensidasarmendeskripsikanalat-alatoptikdanpenerapannyadalamkehidupansehari-hari.PengembanganmediapembelajaranberbasisanimasiinimenggunakanmodelpengembanganSugiyonodarilangkahpertamasampailangkahkedelapan.Langkah-langkahpengembanganyangdigunakanyaitu(1)PotensidanMasalah(2)PengumpulanData(3)DesainProduk(4)ValidasiDesain(5)RevisiDesain(6)UjiCobaProduk(7)RevisiProduk(8)UjiCobaPemakaian.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangketpadaujicobaperseorangan(ahlimediadanahlimateri)danujicobaproduk(gurudansiswa).Sedangkananalisisdatayangdigunakanuntukmengolahdatadariahlimediaahlimateridanresponden(gurudansiswa)menggunakanteknikpersentase.Berdasarkanhasilvalidasiahlimediadiperolehpersentase98%yangberartimedialayakdigunakansedangkanhasilvalidasiahlimateridiperolehpersentasenilai955%yangmengindikasikanmateriyangadadidalammedialayakuntukdigunakan.Padaujicobaprodukkelompokkecildenganjumlahrespondensebanyak10siswadiperolehpersentasesebesar97%daripengguna(guru)dan9575%darisiswa.Sedangkanpadaujicobaprodukkelompokbesardenganjumlahresponden51siswadiperolehpersentase97%daripenggunadan9495%darisiswa.Berdasarkandatahasilvalidasiahlimediadatahasilvalidasiahlimateridandatahasilujicobaprodukdapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranberbasisanimasiyangdikembangkanvaliddanlayakdigunakansebagaimediapendukungpembelajaran.