Pengembangan game edukasi tajwid berbasis mobile pada mata pelajaran agama Islam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Trya Intan Mega Yunita

Main Author: Yunita, Trya Intan Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/45843/
Daftar Isi:
  • YunitaTryaIntanMega.2013.PengembanganGameEdukasiTajwidBerbasisMobilepadaMataPelajaranAgamaIslamuntukSiswaKelasVIISMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)M.AsharS.T.M.T.(II)DidikDwiP.S.T.M.T.Katakuncigameedukasitajwidmobileandroid1228812288122881228812288Prosespembelajaranmenuntutsiswauntukaktifsehinggaterjadiinteraksididalamkelas.Surveimenunjukkanbahwa42%siswakelasVIIdiSMPNegeri4MalangmenilaitingkatinteraksidalamMataPelajaranAgamaIslammasihkurang.Kurangnyainteraksididalamkelasinimenjadisalahsatufaktoryangmenyebabkan36%siswamendapatnilaidibawahKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)dalamkompetensidasarmembedakanhukumbacaannuntanwin/matidanmimmati.Salahsatumediayangdiharapkandapatmeningkatkaninteraksidalamkelasadalahmediaberbasisgamekarenadapatmembantudalamprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahmengembangkandanmengujikelayakanmediapembelajaranberbasisgameyangmenarikdaninovatifpadaplatformAndroiduntukmatapelajaranAgamaIslampadamateriilmutajwiddiSMPNegeri4Malang.1228812288122881228812288PadapenelitianinipengembanganmediapembelajarangameyangdiberinamaGameItajmengadopsiteoriSugiyonodengantahappotensidanmasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiprodukujicobapemakaianrevisiprodukdanproduksimassal.PengukurankelayakanataukualitasGameItajyangdikembangkaninidilakukandengansubjekpenelitianahlimediaahlimateridansiswaSMPkelasVIIdariSMPNegeri4Malang.Mediadikatakanlayakapabilapenilaiandarikriteria-kriteriayangdiberikanmencapaiangkadiatas7501%.Berdasarkanhasilvalidasidariahlimediaahlimateriujicobakelompokkecildanujikelompokbesardiperolehdataakhirberikutinidalamaspekmediaahlimediamenilaitingkatkelayakanmediaini8983%dalamaspekmateriahlimaterimenilaitingkatkelayakanmediaini95%dalamujicobakelompokkeciltingkatkelayakanmediainidinilai90%dandalamujicobakelompokbesartingkatkelayakanmediainidinilai919%.Hasilrata-ratayangdiperolehdariseluruhvalidatorsebesar9168%.DarihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamediaGameItajinisudahvaliddanlayakuntukdigunakantanparevisi.