Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA standar kompetensi mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk kelas V SDN Blimbing III Malang / Yulina Dwi Ratna Sari
Main Author: | Sari, Yulina Dwi Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45833/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMetodepembelajaranMetodepengembanganADDIEHasilujikelayakanSDNBlimbingIIIMalangadalahsalahsatusekolahdasarnegeriyangberadadiKotaMalang.ProsespembelajaranyangdigunakanolehguruSDNBlimbingIIIMalangtidakmenggunakanmediapembelajaranberbasiskomputer.MetodeyangbiasadilakukanolehpengajaryaitumemberimaterimelaluiceramahdanpraktikumpadamateriyangsesuaidanmemungkinkandilakukanpraktikumSuplemenuntukmembantupengajaraninihanyabuku.NamunpadaMataPelajaranIPAselainceramahjugamenggunakanmediapraktik/alatbantupraktikagarsiswalebihmengertidantidakhanyamembayangkansaja.Tapitidaksemuamediabisadigunakanuntukmempraktikanmateriini.Misalnyasajaketikaguruinginmenjelaskanmengenaipenyesuaiandirimengenaiuntatidakmungkinguruakanmembawahewanuntadidalamkelasagarsiswalebihmengerti.Sekolahinimemilikifasilitasyangsangatmendukungdalamprosespembelajaranmisalnyasajadidalamlaboratoriumkomputerterdapatkuranglebih30komputeryangdapatdigunakansiswauntukbelajarmandiri.Masing-masingpengajarmemilikilaptopsehinggasangatmemungkinkanuntukmembuatmediapembelajarnberbasiskomputeruntukpengajaran.SekolahmemilikiLCDyangbisadigunakanmengajaruntukmenyampaikanpelajarandankomputersebagaibantuannya.PadapengembanganmodelpengembangmengadopsiADDIE.TahapanmodelADDIEyaituanalisysdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.PengembangmenggunakanmodelpengembanganADDIEkarenamenurutlangkah-langkahperkembanganprodukmodelpengembanganinilebihrasionalsederhananamunlengkap.Modelinidapatdigunakanuntukberbagaimacambentukpengembanganproduksepertistrategipembelajaranmetodepembelajaranmediadanbahanajar.Padaujivalidasikelayakanmediauntukdatakuantitatifpengembangmenggunakanangket.Setelahdilakukanujicobasecarakeseluruhanujikelayakanmediapembelajaraninimendapatkan9674%untukahlimateri8790%untukahlimediadan9032%untuksiswa.Jikadirata-ratapresentasenyamendapatkanpresentase9165%sehinggamediadinyatakanlayakuntukdigunakandantidakperlurevisi.