Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA standar kompetensi mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk kelas V SDN Blimbing III Malang / Yulina Dwi Ratna Sari

Main Author: Sari, Yulina Dwi Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/45833/
Daftar Isi:
  • KatakunciMetodepembelajaranMetodepengembanganADDIEHasilujikelayakanSDNBlimbingIIIMalangadalahsalahsatusekolahdasarnegeriyangberadadiKotaMalang.ProsespembelajaranyangdigunakanolehguruSDNBlimbingIIIMalangtidakmenggunakanmediapembelajaranberbasiskomputer.MetodeyangbiasadilakukanolehpengajaryaitumemberimaterimelaluiceramahdanpraktikumpadamateriyangsesuaidanmemungkinkandilakukanpraktikumSuplemenuntukmembantupengajaraninihanyabuku.NamunpadaMataPelajaranIPAselainceramahjugamenggunakanmediapraktik/alatbantupraktikagarsiswalebihmengertidantidakhanyamembayangkansaja.Tapitidaksemuamediabisadigunakanuntukmempraktikanmateriini.Misalnyasajaketikaguruinginmenjelaskanmengenaipenyesuaiandirimengenaiuntatidakmungkinguruakanmembawahewanuntadidalamkelasagarsiswalebihmengerti.Sekolahinimemilikifasilitasyangsangatmendukungdalamprosespembelajaranmisalnyasajadidalamlaboratoriumkomputerterdapatkuranglebih30komputeryangdapatdigunakansiswauntukbelajarmandiri.Masing-masingpengajarmemilikilaptopsehinggasangatmemungkinkanuntukmembuatmediapembelajarnberbasiskomputeruntukpengajaran.SekolahmemilikiLCDyangbisadigunakanmengajaruntukmenyampaikanpelajarandankomputersebagaibantuannya.PadapengembanganmodelpengembangmengadopsiADDIE.TahapanmodelADDIEyaituanalisysdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.PengembangmenggunakanmodelpengembanganADDIEkarenamenurutlangkah-langkahperkembanganprodukmodelpengembanganinilebihrasionalsederhananamunlengkap.Modelinidapatdigunakanuntukberbagaimacambentukpengembanganproduksepertistrategipembelajaranmetodepembelajaranmediadanbahanajar.Padaujivalidasikelayakanmediauntukdatakuantitatifpengembangmenggunakanangket.Setelahdilakukanujicobasecarakeseluruhanujikelayakanmediapembelajaraninimendapatkan9674%untukahlimateri8790%untukahlimediadan9032%untuksiswa.Jikadirata-ratapresentasenyamendapatkanpresentase9165%sehinggamediadinyatakanlayakuntukdigunakandantidakperlurevisi.