Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar KKPI pokok bahasan mengoperasikan software aplikasi basis data menggunakan model pembelajaran PAIKEM pada siswa kelas XI RPL di SMK Islam Batu / Rista Rusdianawati

Main Author: Rusdianawati, Rista
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/45831/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelpembelajaranPAIKEMaktivitasbelajarhasilbelajarDalamduniapendidikanuntukmencapaitujuanbelajartentunyaseseorangharusmelaluisuatuprosesyangdisebutsebagaiprosespembelajaran.Sebagaipendidikgurubertanggungjawabterhadapprosespembelajarandanhasilbelajarpesertadidik.SementaraituberdasarkanhasilobservasidikelasXIRPLSMKIslamBatupadapembelajaranKKPIdiketahuibahwaaktivitassiswarendah.Siswatidakaktifmengemukakanpendapatdanmasihtakutuntukbertanya.Bahkanseringterlihatsiswayangbosandanmengantuk.Selainituketerlibatansiswadalamhalberpikirkelompokjugamasihrendah.Haltersebutmenyebabkanhasilbelajarsiswamenjadirendah.Menurutdatayangdiperolehpenelitidarihasilpretesttidakadasiswayangtuntas(KKM880575)dalampokokbahasantersebut.UntukmengatasimasalahdikelastersebutsolusiyangditawarkanadalahmenggantimodelpembelajaranyangdigunakangurudenganmodelpembelajaranPAIKEM.PenggunaanmodelpembelajaranPAIKEMbertujuanuntukmenciptakansuasanapembelajaranmenjadibermaknamenyenangkandinamisdialogismemotivasisiswamembuatsiswakreatifaktifdanmandiri.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengantahap-tahapsesuaiyangdikemukakanolehKemmisdanMcTaggart.AdapunjenisPTKyangdigunakanadalahPTKkolaboratifpartisipatorisyakniadanyakerjasamaantarapenelitidenganguruyangmengajardikelas.Hasilpenelitianyangdiperolehpadapenelitianinimeliputi(1)aktivitassiswapadasiklus1memilikipersentasetotal6812%siklus2sebesar7679%siklus3meningkatmenjadiangka8482%danpadasiklus4persentasenyamencapai9002%(2)hasilbelajarpadaranahkognitifsiswapadasiklus1sebesar3824%padasiklus2menjadisebesar5294%padasiklus3persentasenyameningkatmenjadisebesar8235%danpadasiklus4mencapaiangkapersentasemaksimumyaitu100%(3)hasilbelajarpadaranahafektifsiswamengalamipeningkatandarisiklus1kesiklus4.Padasiklus1persentaseyangdicapaisebesar7823%padasiklus2sebesar8212%padasiklus3sebesar8776%dansiklus4meningkatmenjadisebesar9206%(4)hasilbelajarsiswapadaranahpsikomotorikpadasiklus1persentaseyangdicapaisebesar7555%padasiklus2sebesar7980%padasiklus3meningkatmenjadisebesar8454%danpadasiklus4meningkatlagimenjadisebesar9098%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPAIKEMdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarpadamatapelajaranKKPIpokokbahasanmengoperasikansoftwareaplikasibasisdatapadasiswakelasXIRPLdiSMKIslamBatu.