Perbedaan metakognitif siswa melalui metode Think Pair Square dan metode Problem Solving pada mata pelajaran Teknologi Informasi danb Komunikasi (TIK) kelas X SMA Negeri 1 Pasuruan
Main Author: | Permana, Rastra Feryd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45804/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimetakognitifthinkpairsquareproblemsolvingTIK.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSMANegeri1Pasuruandisebutkanbahwaprosesbelajarmengajardikelasmasihberpusatpadagurusehinggaprosesbelajardanhasilbelajarseringkalitidaksesuaidenganyangdiharapkan.Menyadaripentingnyasuatumetodedanpendekatanpembelajaranuntukmengembangkankemampuanberpikirsiswamakamutlakdiperlukanadanyapembelajaraninovatifyangmampumelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaranitusendiri.MetodeThinkPairSquaremerupakansalahsatumetodepembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanpartisipasisiswadandipandangcukupmerangsangsiswauntukberpikirtingkattinggisertamengembangkankontrolterhadapkemampuankognitifyangdisebutmetakognitif.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanmetakognitifsiswamelaluimetodeThinkPairSquaredanmetodeProblemSolvingpadamatapelajaranTIKkelasXSMANegeri1Pasuruan.PenelitianinibersifatquasiexperimentdenganmenggunakanPretestPosttestdanInventoryMetacognitiveAwareness(MAI)padakeduakelassampel.Variabelpenelitianterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituketerampilandankesadaranmetakognitif.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXSMAN1Pasuruan.Penentuansampeldilakukandenganmenggunakantekniksamplingpertimbangan(purposivesampling)sehinggadiperolehkelasX-5sebagaikelaseksperimendankelasX-7sebagaikelaskontrol.Hasildalampenelitianiniadalahpeningkatanketerampilandankesadaranmetakognitifsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.Padakelaseksperimenketerampilanmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar8396%dankesadaranmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar2151%.Padakelaskontrolketerampilanmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar6764%dankesadaranmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar1056%.Dataketerampilandankesadaranmetakognitifsiswatelahdilakukanujiprasyaratanalisisdenganhasilterdistribusinormaldanhomogen.KesimpulandaripenelitianyaitubahwaterdapatperbedaanyangsignifikanterhadappeningkatanmetakognitifsiswakelasXpadastandarkompetensimenggunakanperangkatlunakFreePascalmelaluipenerapanmetodeThinkPairSquaredanmetodeProblemSolving.