Perbedaan metakognitif siswa melalui metode Think Pair Square dan metode Problem Solving pada mata pelajaran Teknologi Informasi danb Komunikasi (TIK) kelas X SMA Negeri 1 Pasuruan

Main Author: Permana, Rastra Feryd
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/45804/
Daftar Isi:
  • KatakuncimetakognitifthinkpairsquareproblemsolvingTIK.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSMANegeri1Pasuruandisebutkanbahwaprosesbelajarmengajardikelasmasihberpusatpadagurusehinggaprosesbelajardanhasilbelajarseringkalitidaksesuaidenganyangdiharapkan.Menyadaripentingnyasuatumetodedanpendekatanpembelajaranuntukmengembangkankemampuanberpikirsiswamakamutlakdiperlukanadanyapembelajaraninovatifyangmampumelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaranitusendiri.MetodeThinkPairSquaremerupakansalahsatumetodepembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanpartisipasisiswadandipandangcukupmerangsangsiswauntukberpikirtingkattinggisertamengembangkankontrolterhadapkemampuankognitifyangdisebutmetakognitif.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanmetakognitifsiswamelaluimetodeThinkPairSquaredanmetodeProblemSolvingpadamatapelajaranTIKkelasXSMANegeri1Pasuruan.PenelitianinibersifatquasiexperimentdenganmenggunakanPretestPosttestdanInventoryMetacognitiveAwareness(MAI)padakeduakelassampel.Variabelpenelitianterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituketerampilandankesadaranmetakognitif.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXSMAN1Pasuruan.Penentuansampeldilakukandenganmenggunakantekniksamplingpertimbangan(purposivesampling)sehinggadiperolehkelasX-5sebagaikelaseksperimendankelasX-7sebagaikelaskontrol.Hasildalampenelitianiniadalahpeningkatanketerampilandankesadaranmetakognitifsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.Padakelaseksperimenketerampilanmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar8396%dankesadaranmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar2151%.Padakelaskontrolketerampilanmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar6764%dankesadaranmetakognitifsiswamengalamipeningkatansebesar1056%.Dataketerampilandankesadaranmetakognitifsiswatelahdilakukanujiprasyaratanalisisdenganhasilterdistribusinormaldanhomogen.KesimpulandaripenelitianyaitubahwaterdapatperbedaanyangsignifikanterhadappeningkatanmetakognitifsiswakelasXpadastandarkompetensimenggunakanperangkatlunakFreePascalmelaluipenerapanmetodeThinkPairSquaredanmetodeProblemSolving.