Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan serious game mata pelajaran kimia materi reaksi eksoterm dan endoterm di SMA Negeri 1 BAtu / Agung Panji Sasmito

Main Author: Sasmito, Agung Panji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45803/
Daftar Isi:
  • KatakuncimediapembelajaranKimiareaksieksotermendotermKimiamerupakansalahsatumatapelajarandasarbagisiswajurusanIPAdiSMA.NamuntidaksemuasiswaSMAdapatmemahamimateripelajaranKimiadenganmudah.SiswaseringmerasabahwamatapelajaranKimiasukarkarenasiswaperlubelajardanlatihanyanglebihsering.Siswajugaseringmerasajemudenganmetodekonvensionalyanghanyamenggunakanmediaajaryangkuranginteraktif.Salahsatucarayangdapatdilakukanolehguruadalahdenganmenggunakanmediapembelajaranberbasismultimediainteraktif.MediapembelajaranyangdikembangkanadalahmediapembelajaranberbasismultimediainteraktifdidukungseriousgamepadamatapelajaranKimiadenganmetodepengembanganmediaResearchandDevelopmentolehSugiyonoyangtelahdisesuaikandengankebutuhanpengembanganmediapembelajaran.Pendekatandeskriptifkualitatifdigunakanuntukmenganalisisdatahasilobservasidanpendekatandeskriptifkuantitatifbagidataskorangketdarisubjekujicoba.Jenisujivaliditasadalahvaliditasahlidenganjumlahduaorangahlipadamasing-masingbidang.Sarandanskorpadakuesionerdiperolehdarisemuavalidatormemberikandanditeruskanpadaanalisasecaradeskriptif.RumuspersentasemenurutArikuntodigunakandalampengolahandatahasilujicoba.MediapembelajaranyangdihasilkanberupamediapembelajaranmultimediainteraktifpadamatapelajaranKimiamateripokokReaksiEksotermdanEndoterm.Mediayangdikembangkanmempunyaitigamodemeliputimodematerimodepraktikumdanmodekuis.PemanfaatanmediainteraktifdiharapkandapatmeningkatkansemangatbelajarsiswaterhadappembelajaranKimiayangpadaakhirnyasiswaakantermotivasidansecaratidaklangsunghasilbelajarsiswadapatditingkatkan.Hasilrata-ratayangdiperolehdariseluruhvalidatoradalahsebesar903%yangdapatdikatakanbahwamediapembelajaranmultimediainteraktifinisudahvaliddantidakperlurevisisesuaidenganpedomankriteriatingkatkelayakansertamediapembelajaraninilayakdigunakan.