Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan serious game mata pelajaran kimia materi reaksi eksoterm dan endoterm di SMA Negeri 1 BAtu / Agung Panji Sasmito
Main Author: | Sasmito, Agung Panji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45803/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimediapembelajaranKimiareaksieksotermendotermKimiamerupakansalahsatumatapelajarandasarbagisiswajurusanIPAdiSMA.NamuntidaksemuasiswaSMAdapatmemahamimateripelajaranKimiadenganmudah.SiswaseringmerasabahwamatapelajaranKimiasukarkarenasiswaperlubelajardanlatihanyanglebihsering.Siswajugaseringmerasajemudenganmetodekonvensionalyanghanyamenggunakanmediaajaryangkuranginteraktif.Salahsatucarayangdapatdilakukanolehguruadalahdenganmenggunakanmediapembelajaranberbasismultimediainteraktif.MediapembelajaranyangdikembangkanadalahmediapembelajaranberbasismultimediainteraktifdidukungseriousgamepadamatapelajaranKimiadenganmetodepengembanganmediaResearchandDevelopmentolehSugiyonoyangtelahdisesuaikandengankebutuhanpengembanganmediapembelajaran.Pendekatandeskriptifkualitatifdigunakanuntukmenganalisisdatahasilobservasidanpendekatandeskriptifkuantitatifbagidataskorangketdarisubjekujicoba.Jenisujivaliditasadalahvaliditasahlidenganjumlahduaorangahlipadamasing-masingbidang.Sarandanskorpadakuesionerdiperolehdarisemuavalidatormemberikandanditeruskanpadaanalisasecaradeskriptif.RumuspersentasemenurutArikuntodigunakandalampengolahandatahasilujicoba.MediapembelajaranyangdihasilkanberupamediapembelajaranmultimediainteraktifpadamatapelajaranKimiamateripokokReaksiEksotermdanEndoterm.Mediayangdikembangkanmempunyaitigamodemeliputimodematerimodepraktikumdanmodekuis.PemanfaatanmediainteraktifdiharapkandapatmeningkatkansemangatbelajarsiswaterhadappembelajaranKimiayangpadaakhirnyasiswaakantermotivasidansecaratidaklangsunghasilbelajarsiswadapatditingkatkan.Hasilrata-ratayangdiperolehdariseluruhvalidatoradalahsebesar903%yangdapatdikatakanbahwamediapembelajaranmultimediainteraktifinisudahvaliddantidakperlurevisisesuaidenganpedomankriteriatingkatkelayakansertamediapembelajaraninilayakdigunakan.