Pengembangan media pembelajaran berbasis E-Learning mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pokok bahasan menginstalasi PC (Personal Computer) / Syahirul Alim

Main Author: Alim, Syahirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45802/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembanganMediaPembelajaranE-learningSeiringdenganperkembanganTeknologiInformasiyangsemakinpesatkebutuhanakansuatukonsepdanmekanismebelajarmengajarberbasisTImenjaditidakterelakkanlagi.KonsepyangdikenaldengansebutanE-learninginimembawapengaruhterjadinyaprosestransformasipendidikankonvensionalkebentukdigitalbaiksecaraisidansistemnya.DalamperkembanganInformationandCommunicationTechnology(ICT)yangsangatpesatinidiSekolahMenengahKejuruan(SMK)padaumumnyabelumdidukungdenganprosespembelajaranyangmaksimal.DiSekolahMenengahKejuruan(SMK)tingkatpemahamandankemampuansiswaberbeda-bedapembelajarandikelasterbatasolehwaktudantidaksemuamateripembelajarantersampaikandenganbaik.PadaumumnyadiSekolahMenengahKejuruan(SMK)dalammenyampaikanmateripembelajaransebagiangurumasihmenggunakanmodulsehinggasiswaharusfotocopyataubahkanharusmencatat.HalinimenjadisalahsatualasanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisE-learning.DenganfasilitasinternetyangadadisekolahpesertadidikdapatmengaksesdanmempelajarimateripadamediapembelajaranE-learningdenganmudah.TujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbasisE-learningyangdapatmemecahkanmasalahdalampembelajaranpadamatapelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)padapokokbahasanMenginstalasiPC(PersonalComputer).PadapengembanganmediapembelajaranberbasisE-learninginipengembangmenggunakanaplikasiMoodleyangdikembangkandenganmenggunakanmodelpengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementationEvaluate(ADDIE)yangsudahdisesuaikandenganobjekpenelitian.Pengambilandatavalidasidalammediapembelajaraninidigalidenganmenggunakaninstrumenberupaangketyangdilakukanterhadap3(tiga)subjekyaituahlimediaahlimateridansiswa(responden).Hasilujicobaprodukyangdilakukanterhadap3(tiga)subjektersebutdiperolehhasilsebagaiberikut(1)Ahlimediamenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8375%(2)Ahlimaterimenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8710%dan8629%(3)PesertadidikSMKNegeri2SingosariMalangmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8663%8946%8798%8769%danpesertadidikSMKNegeri1SidayuGresikmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8363%.Dengandemikiandinyatakanbahwamediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaran.