Pengembangan media pembelajaran berbasis E-Learning mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pokok bahasan menginstalasi PC (Personal Computer) / Syahirul Alim
Main Author: | Alim, Syahirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45802/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengembanganMediaPembelajaranE-learningSeiringdenganperkembanganTeknologiInformasiyangsemakinpesatkebutuhanakansuatukonsepdanmekanismebelajarmengajarberbasisTImenjaditidakterelakkanlagi.KonsepyangdikenaldengansebutanE-learninginimembawapengaruhterjadinyaprosestransformasipendidikankonvensionalkebentukdigitalbaiksecaraisidansistemnya.DalamperkembanganInformationandCommunicationTechnology(ICT)yangsangatpesatinidiSekolahMenengahKejuruan(SMK)padaumumnyabelumdidukungdenganprosespembelajaranyangmaksimal.DiSekolahMenengahKejuruan(SMK)tingkatpemahamandankemampuansiswaberbeda-bedapembelajarandikelasterbatasolehwaktudantidaksemuamateripembelajarantersampaikandenganbaik.PadaumumnyadiSekolahMenengahKejuruan(SMK)dalammenyampaikanmateripembelajaransebagiangurumasihmenggunakanmodulsehinggasiswaharusfotocopyataubahkanharusmencatat.HalinimenjadisalahsatualasanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbasisE-learning.DenganfasilitasinternetyangadadisekolahpesertadidikdapatmengaksesdanmempelajarimateripadamediapembelajaranE-learningdenganmudah.TujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbasisE-learningyangdapatmemecahkanmasalahdalampembelajaranpadamatapelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)padapokokbahasanMenginstalasiPC(PersonalComputer).PadapengembanganmediapembelajaranberbasisE-learninginipengembangmenggunakanaplikasiMoodleyangdikembangkandenganmenggunakanmodelpengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementationEvaluate(ADDIE)yangsudahdisesuaikandenganobjekpenelitian.Pengambilandatavalidasidalammediapembelajaraninidigalidenganmenggunakaninstrumenberupaangketyangdilakukanterhadap3(tiga)subjekyaituahlimediaahlimateridansiswa(responden).Hasilujicobaprodukyangdilakukanterhadap3(tiga)subjektersebutdiperolehhasilsebagaiberikut(1)Ahlimediamenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8375%(2)Ahlimaterimenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8710%dan8629%(3)PesertadidikSMKNegeri2SingosariMalangmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8663%8946%8798%8769%danpesertadidikSMKNegeri1SidayuGresikmenyatakanprodukinivaliddanlayakdenganpersentase8363%.Dengandemikiandinyatakanbahwamediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaran.