Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer model tutorial menggunakan Adobe Flash CS 4 pada pokok bahasan instalasi jaringan WAN untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Widyagama Malang / Rizhal Hartarto
Main Author: | Hartarto, Rizhal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/45801/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganmediapembelajaranmodeltutorialkomputermatapelajaraninstalasiwanprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasipadakelasProgramKeahlianTeknikKomputerdanJaringandiSMKWidyagamaMalangdidapatkanbahwadalamprosespembelajaranmasihberpusatpadagurudenganbantuanmediapembelajarandalambentukpowerpointmodulberbentukPDFdanbukucetak.Sehinggahalinihampirsamadenganmemindahmateridaribukukemediapembelajaran.Denganmediayangtersediakegiatanpembelajarankurangmaksimal.Halinidapatdiketahuipadasaatprosespembelajarandikelassiswamerasajenuhdanbosan.MelihatfaktatersebutpenelitibermaksudmengembangkanmediapembelajaranberbasiskomputeryanginteraktifdanmempermudahsiswadalamprosespembelajarankhususnyadalammaterimenginstalasijaringanWAN.Berikuttujuandaripenelitianini(1)Menghasilkanprodukmediapembelajaran(2)Memaparkanhasilvalidasipengembanganmedia(3)Menjelaskanhasilimplementasimediapembelajarandan(4)Mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswakelaseksperimendankelaskontrol.MetodepengembanganyangdigunakanadalahmodelRD.Instrumenyangdigunakanadalahangkettertutupuntukvalidasimateridanmediadantesuntukmengukurprestasihasilbelajarsiswa.Berikutadalahhasilvalidasimediapembelajaranpadamasing-masingtahapanujicoba(1)Hasilvalidasiahlimaterisebelumpengembanganmediamenunjukkanpersentasetingkatvaliditassebesar8185%padatahapujitahappertamadan9033%padatahapkedua(2)Hasilvalidasiahlimediamenyatakanbahwamediatelahvaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajarandikelasdenganpersentasetingkatvaliditassebesar9078%(3)Hasilvalidasiahlimaterisetelahpengembanganmediamenunjukkanbahwaisi/kontenmateritelahvaliddansesuaidenganSK/KDdenganpersentasetingkatvaliditassebesar8639%padatahappertamadan9375%padatahapkedua(4)Hasilvalidasipadaujicobakelompokkecilmenyatakanpersentasetingkatvaliditassebesar8327%.Hasilbelajarsiswadianalisismenggunakanuji-t.Halinidapatdilihatdariperbandinganhasilanalisisuji-tyangdiperolehnilaithitung(4400)darittabel(3740)makaH0ditolakiniberartiadapengaruhdaripenggunaanmultimediapembelajaranterhadaphasilbelajar.BerdasarkanhasiltersebutmakadapatditarikkesimpulanbahwapengembanganinitelahmenghasilkanmediapembelajaranyangvaliddanmampumeningkatkanprestasihasilbelajarsiswakelasXIKompetensiKeahlianTeknikKomputerdanJaringan(TKJ).