Studi efektivitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pamekasan / Mokhammad Rasyidi

Main Author: Rasyidi, Mokhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/45799/
Daftar Isi:
  • KataKunciefektivitasmediapembelajaranberbasisTIKPerkembanganeraglobalisasimenunjukkanteknologiinformasidankomunikasi(TIK)mengalamiperkembanganyangamatpesatdansecarafundamentaltelahmembawaperubahanyangsignifikandalampercepatandaninovasipenyelenggaraanpendidikandiberbagainegara.TIKmempunyaiperananbesarterhadapsistempendidikanantaralain(i)teknologiyangberkembangmenyediakankesempatanbesaruntukmengembangkanmanajemenpendidikandanprosespembelajarandisekolah(ii)hasilbelajarsiswayangspesifikdapatdiidentifikasidenganpemanfaatanTIKdan(iii)TIKmemilikipotensiyangbesaruntukmentransformasikanseluruhaspekdidalampendidikandisekolahdanmemanfaatkannyauntukmencapaitujuan-tujuanpembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanefektivitaspemanfaatanmediapembelajaranberbasisTIKpadaSMANegeridiwilayahkotaPamekasan.DigunakanmetodedeskriptifdenganrancanganpenelitianProportionalRandomSampling.Langkah-langkahyangdilakukanuntukmemperolehdataadalahdenganmelakukanpemberianangketkepadaguruterkait.Berdasarkanmetodepenelitianyangdilakukanpenelitipenelitianinitermasukdalamjenispenelitiandeskriptifkuantitatif.VariabelyangditelitidalampenelitianiniadalahEfektivitaspemanfaatanmediapembelajaranberbasisTIK.IndikatordalampenelitianiniadalahfrekuensipenggunaanmediapembelajaranberbasisTIKkeefesienanpenggunaanmediapembelajaranberbasisTIKketersediaanmediapembelajaranberbasisTIKdankemampuanmenggunakanmediapembelajaranberbasisTIK.PopulasidalampenelitianiniyaituseluruhgurudiSMANegeridiwilayahkotaPamekasanyangberjumlah290.Sampelpenelitianberjumlah158gurudiseluruhSMANegeritersebut.Adapunteknikanalisisyangdigunakanyaituanalisisstatistikdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaefektivitaspemanfaatanmediapembelajaranberbasisTIKpadaSMANdiwilayahkotaPamekasanantaralainyaitudarisegifrekuensipenggunaanmediapembelajaranberbasisTIKkeefesienanpenggunaanmediapembelajaranberbasisTIKketersediaanmediapembelajaranberbasisTIKdankemampuanmenggunakanmediapembelajaranberbasisTIK.Diperolehmasing-masingnilairata-rata.Untukhasilfrekuensipenggunaanmediadiperolehnilairata-rata1015keefesienanpenggunaanmediadiperolehnilairata-rata2332ketersediaanmediadiperolehnilairata-rata887dankemampuanmenggunakanmediadiperolehnilairata-rata963.Diperolehnilairata-ratadariefektivitaspemanfaatanmediapembelajaranberbasisTIKpadaSMANwilayahkotaPamekasanyaitu5197.SehinggadapatdisimpulkanbahwaefektivitaspemanfaatanmediapembelajaranberbasisTIKpadaSMANdiwilayahkotaPamekasancenderungcukupmemanfaatkandalamprosespembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitiandisaranakan(1)bagisekolahagarmenunjangfasilitasdanpenggunaanmediapembelajaranberbasisTIKdalamPBK(2)bagiguruagarmemperhatikandalammenggunakanmediapembelajaranberbasisTIKdan(3)bagisiswadapatmemperhatikandanmendukungjalannyapembelajaran.